Tips Praktis Membuat Koya Soto yang Gurih Mantap



Walau banyak yang jual koya instan, tidak ada salahnya coba bikin koya sendiri untuk sajian soto di rumah. Anda bisa atur rasanya sesuai selera. Dan yang pastinya, lebih aman untuk keluarga. Cobain, yuk!

1. Siapkan Bahan

Bahan pembuatan koya hanya ada 2, yaitu bawang putih dan kerupuk udang. Perbandingan antara bawang putih dan kerupuk udang adalah 1:2. Artinya, 1 siung bawang putih untuk 2 buah kerupuk udang. Murah meriah, bukan?

Nah, koya yang mantap dihasilkan dari kerupuk udang berkualitas. Maka dari itu, pilih kerupuk dengan kandungan udang paling tinggi. Biar makin gurih! Kalau ingin lebih enak, bisa juga bikin kerupuk udang sendiri. Caranya gampang banget, kok.

Sebelum digunakan, jemur kerupuk udang terlebih dulu. Tujuannya, agar ngembang dan renyah saat digoreng.

2. Goreng Bawang putih

Kupas dan cuci bawang putih dengan air mengalir. Kemudian, iris  bawang putih agak tebal. Supaya saat digoreng tidak cepat gosong.

Goreng bawang putih dalam minyak menggunakan api sedang. Pastikan seluruh permukaannya tenggelam. Lalu, aduk terus bawang putih agar tidak gosong dan menempel. Kalau sudah terlihat coklat, segera angkat dan tiriskan.

3. Goreng Kerupuk Udang

Ingat, kerupuk udang yang digoreng adalah yang sudah dijemur hingga kering. Soalnya, kerupuk yang masih basah akan melempem setelah digoreng.

Saat menggoreng, gunakan wajan berbentuk cekung. Tujuannya agar kerupuk terendam dalam minyak panas sehingga matang merata. Tekan dan goyangkan kerupuk beberapa kali hingga mengembang. Plus, masukan kerupuk sedikit demi sedikit, ya. Agar hasil gorengannya tidak bantat.

Pakai api sedang dan usahakan menjaga suhu minyak agar stabil. Caranya, saat sudah beberapa kali dipakai dan agak berasap, tambahkan sedikit minyak baru. Cara itu membuat suhu minyak kembali normal.

4. Haluskan Bahan


Sebelum dihaluskan, pastikan bahan sudah kering dan tidak ada lagi minyak yang menetes. Selain itu, haluskan bawang putih goreng dan kerupuk udang secara sedikit demi sedikit. Tambahkan juga bumbu penyedap sesuai selera.

Supaya teksturnya rata, hemat waktu, dan irit tenaga gunakan Cosmos Food Processor FP-300.  Walau harganya di bawah Rp 350.000, tetapi fitur dasarnya sudah terbilang lengkap. Bisa juga untuk menggiling kacang dan biji-bijian, hingga menghaluskan bumbu dan aneka daging. Sangat praktis dan wajib punya!

Simpan koya yang sudah jadi dalam wadah tertutup. Pastikan tidak terkena sinar matahari langsung dan disimpan di tempat yang kering.


Sumber:https://www.resepkoki.id/membuat-koya-homemade/

Belum ada Komentar untuk "Tips Praktis Membuat Koya Soto yang Gurih Mantap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel