4 Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis


Dan hasilnya sangat baik, kepiting olahan saya tidak amis lho. Ikuti tips-nya berikut ini!

1. Pilih Kepiting Segar

Sebelum mengolah kepiting, memilih kepiting perlu diperhatikan. Saat di supermarket atau pasar, pilihlah kepiting yang segar. Kepiting yang masih segar biasanya masih dalam keadaan hidup dan bergerak-gerak. Rasa kepiting segar akan sangat lezat, manis, dan gurih.

Kalau anda memilih kepiting yang sudah mati atau sudah dibekukan lama, aromanya akan sangat amis dan daging kepiting juga sudah menyusut.

2. Bersihkan Kepiting

Setelah mendapatkan yang segar, matikan kepiting terlebih dahulu. Tusuk pisau ke bagian perut dan lepaskan ikatan kepiting. Kemudian bersihkan kepiting dengan sikat kecil pada bagian punggung dan bersihkan bagian pantat kepiting, buang kotorannya.

Saat membersihkan kepiting dengan air mengalir, pastikan tidak ada lumpur, pasir, dan kotoran yang menempel pada kepiting. Kemudian, hindari merendam dalam baskom karena akan memicu tumbuh bakteri dan akan mempengaruhi rasa kepiting.

3. Rebus Dengan Rempah

Langkah ketiga, rebus kepiting dengan beberapa campuran bumbu dan rempah. Seperti jahe, daun salam, serai, bawang putih, lemon, atau jeruk nipis.

Caranya, memarkan jahe, serai, dan daun salam lalu masukkan ke dalam air rebusan. Atau dengan cincang halus bawang putih dan ditaruh di atas badan kepiting saat direbus.

Atau anda bisa menambahan lemon atau jeruk nipis ke dalam air rebusan. Tapi dengan cara ini selain amisnya akan hilang, citarasa kepiting juga akan menurun.

4. Perhatikan Waktu Merebus

Waktu merebus kepiting perlu anda perhatikan. Rebus kepiting selama 15-20 menit atau sampai warna cangkang kepiting berubah menjadi orange. Tapi jangan terlalu lama direbus ya, selain amisnya hilang nanti tekstur daging kepiting juga akan keras dan rasa manisnya juga akan berkurang.


Memasak kepiting kali ini pasti tidak akan amis. Jadi, anda akan percaya diri membuat olahan kepiting dengan berbagai saus. Atau anda juga bisa suwir-suwir daging kepiting dan masukkan ke dalam sup jagung sebagai tambahan protein.

Selamat Mencoba ^_^

Sumber:https://resepkoki.id/tips-cara-mengolah-kepiting-agar-tidak-amis/

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel