Atasi Dengan 6 Cara Ini Sering Mengantuk Saat Puasa


Rasa kantuk sering dialami orang yang sedang berpuasa. Energi yang terkumpul saat sahur, berangsur-anggur berkurang seiring dengan aktivitas yang dijalani. Bahkan di bulan Ramadan, tidur saja dianggap bagian dari ibadah. Tapi lain soal jika terjadi saat jam kerja, keseringan mengantuk akan menyebabkan banyak masalah. Untuk menghilangkan rasa kantuk saat puasa terutama di siang hari, lakukan 6 aktivitas berikut ini :

1. Jalan-jalan

Berjalan-jalan akan bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Aktivitas ini akan menyingkirkan rasa kantuk dan rasa malas yang menempel pada tubuh . Berjalan sebentar tak akan menguras energi . Untuk itu cobalah untuk berjalan-jalan di luar ruangan selama beberapa menit dan rasakan manfaatnya.

2. Cuci Muka

Tubuh membutuhkan stimulus lain dari luar agar bisa 'terbangun', salah satunya ya dengan mencuci muka. Ketika wajah sudah mulai terasa kaku, mata berat, dan mengantuk, lekas pergi ke kamar mandi dan cuci muka. Tak hanya menghilangkan rasa kantuk, cuci muka juga akan memperbaiki penampilan supaya terlihat lebih segar.

3. Meditasi

Meditasi akan membantu melancarkan sirkulasi oksigen ke otak dan seluruh tubuh. Tak hanya dilakukan dengan menutup mata, meditasi yang bertujuan membuat badan lebih rileks bisa dilakukan dengan latihan pernafasan atau mendengarkan musik yang membuat menjadi lebih terjaga.

4. Lakukan Hal yang Disukai dan Menghibur

Jika hobi bermain game, tak ada salahnya beristirahat sejenak dengan bermain game di ponsel atau di komputer untuk menghilangkan rasa kantuk. juga bisa melihat video-video yang lucu, mencari resep, dan belanja online, untuk menghilangkan rasa kantuk.

5. Tidur Singkat

Kalau sudah terasa mengantuk, tidur sejenak adalah solusi tepat. Namun ini bukan sekedar tidur pada umumnya yang malah membuat semakin malas-malasan. Tidur siang singkat yang sering dikenal dengan 'power nap', ialah tidur yang dilakukan hanya dalam beberapa menit. Untuk melakukan 'power nap' ini, kepala harus disangga oleh sesuatu, seperti punggung kursi atau bantal.

6. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi


Selama menjalankan ibadah puasa penuhi kebutuhan akan zat besi. Pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C untuk memacu efektivitas penyerapan zat besi oleh tubuh. Konsumsi pula karbohidrat kompleks saat sahur, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, atau singkong. Karena karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme energi tubuh dan tidak membuat cepat lemas atau pun mengantuk.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/sering-mengantuk-saat-puasa-atasi-dengan-6-cara-ini.html

Belum ada Komentar untuk "Atasi Dengan 6 Cara Ini Sering Mengantuk Saat Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel