Cara Memasak Sayuran Yang Benar Agar Gizi dan Vitaminnya Tetap Utuh


Sayuran memang sangat enak dan lezat jika disantap dalam keadaan matang dan dimasak dengan menggunakan berbagai jenis bumbu maupun rempah-rempah.

Apalagi, mengonsumsi sayuran pastinya membuat tubuh menjadi lebih sehat karena banyak mengandung vitamin, mineral dan nutrisi. Tapi kalau salah dalam mengolahnya, gizi dan semua kebaikan yang terdapat di dalam sayuran malah bisa hilang.

Banyaknya cara dalam memasak sayuran tentu punya hasil kematangan yang berbeda-beda. Walaupun teknik memasaknya yang berbeda, harus memastikan agar semua kebaikan gizi, vitamin dan mineral yang terdapat di dalam sayuran terjaga. Nah, agar sayuran tetap bergizi ketika dimasak, yuk simak cara berikut!

1. Cuci bersih sayuran




Setelah membeli sayuran, pastikan bahwa sayuran sudah bersih sebelum dimasak. Cuci di air yang mengalir selama beberapa menit. Mencuci sayuran sangat penting lho untuk menghilangkan kotoran, bakteri serta sisa pestisida yang masih menempel. Tapi awas, mencuci sayuran dengan cara direndam itu tidak benar lho, , karena merendam sayuran hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang.


2. Potong Sayuran




Pemotongan sayuran juga berpengaruh dalam menjaga gizinya agar tetap utuh, untuk itu disarankan memotong sayuran dengan bentuk yang besar agar nutrisinya tidak mudah hilang selama proses memasak. Semakin kecil potongan sayuran maka semakin kecil juga kandungan yang terdapat didalamnya dan semakin mudah hilang nutrisinya. Kalau merasa susah mengonsumsi sayuran dengan potongan yang terlalu besar, bisa memotongnya dengan ukuran yang lebih kecil ketika sayuran sudah matang.

3. Teknik memasak




Dengan teknik memasak yang tepat, gizi dari sayuran bisa tidak banyak yang terbuang. Memasak sayuran dengan cara dikukus merupakan teknik memasak yang paling baik untuk mempertahankan nutrisinya, terutama untuk sayuran yang banyak mengandung air seperti brokoli, wortel, kacang panjang, kembang kol dan sayuran berdaun hijau.

Nah jika ingin memasak dengan cara ditumis, cukup masukkan sedikit minyak untuk menumis sayuran dan pastikan untuk tidak menumisnya terlalu lama. Jenis sayuran yang cocok untuk ditumis adalah buncis, kacang panjang, kol dan jamur. 


Selain dikukus dan ditumis, direbus sepertinya paling sering digunakan saat memasak sayuran. Ada baiknya mencoba teknik blanching, yaitu merebus sayuran dalam waktu yang sangat cepat pada suhu air yang lebih rendah, sebelum air mendidih agar gizinya tidak hilang.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/memasak-sayuran-yang-benar-agar-gizi-dan-vitaminnya-tetap-utuh

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasak Sayuran Yang Benar Agar Gizi dan Vitaminnya Tetap Utuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel