Cara Menyimpan Beras Agar Tidak Ada Kutu dan Berjamur


perawatannya juga harus ekstra karena jamur dan kutu menjadi ancaman untuk semua jenis beras nih . Mau beras yang kualitasnya biasa sampai yang kualitasnya bagus, beras merupakan tempat untuk kutu berkembang dengan baik.

Nah jangan sampai beras yang beli terserang kutu. Karena jika sudah seperti ini, pastinya jadi tidak enak dikonsumsi, dan aromanya pun sudah lain dan tidak wangi. Untuk mencegah jamur dan kutu berkembang biak di dalam beras, ternyata menyimpan beras di tempat yang bersih saja belum tentu menjamin. Jadi, ikuti tips-tips berikut ya !

1. Simpan di wadah tertutup dan kering




Wadah beras yang lembab bisa jadi sarang jamur dan kutu lho, . Jadi, simpan beras di wadah yang kering, tertutup, dan pastinya tidak lembab. Jika jumlah berasnya banyak, simpan di wadah yang lebih besar juga ya , jangan di wadah kecil karena lebih mudah lembab.

2. Campur beras dengan daun jeruk




Mencampur daun jeruk purut untuk menyimpan beras bisa menghindarinya dari kutu dan jamur. Tapi sebelum dicampur, harus menumbuk daun jeruknya dulu, lalu balut dengan kain kasa supaya tidak mengotori berasnya. Oh iya, daun jeruk ini juga bisa membuat berasnya beraroma wangi dan segar lho, .

3. Selipkan bawang putih di tiap sudut wadah beras




Aroma bawang putih tidak disukai kutu, jadi bisa masukkan bawang putih ke dalam wadah beras. Tapi jangan asal dimasukkan ya, kupas dulu bawang putihnya lalu selipkan di setiap ujung wadah beras.

4. Taruh wadah beras di tempat sejuk dan terpapar cahaya matahari





Kutu dan jamur tidak suka tempat yang terkena cahaya matahari. Jadi, simpan beras dalam wadah tertutup yang kering dan bersih, kemudian letakkan  di ruangan yang sejuk serta terdapat cahaya matahari dan udara yang cukup.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/cara-menyimpan-beras-agar-tidak-ada-kutu-dan-berjamur

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyimpan Beras Agar Tidak Ada Kutu dan Berjamur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel