Cara Selamatkan Masakan Asin



Tapi, kadang rasa asin ini bukan berasal dari penambahan garam yang terlalu banyak, bisa juga karena bahan dasar dari masakan yang akan diolah memang sudah terasa asin. Makanya Moms harus bisa menakar jumlah garam yang akan ditambahkan ke dalam masakan. Supaya masakan yang keasinan tidak terbuang sia-sia, Moms masih bisa menyiasatinya dengan beberapa cara berikut kok! Simak ya!

1. Menambahkan air




Menambahkan air pada masakan yang keasinan bisa dilakukan untuk olahan yang berkuah seperti sup atau soto. Tambahkan air kemudian tunggu sampai mendidih. Kalau dirasa masakan yang sudah ditambahkan air masih tetap terasa asin, tambahkan juga bumbu lain yang bisa menetralkan rasa asin seperti gula dan lada. Cara mudah untuk memastikan masakan yang Moms buat keasinan atau tidak yaitu dengan mencicipi masakan ketika sudah agak dingin, karena jika mencicipinya saat masih panas, rasa asin yang dikeluarkan tidak terlalu kuat.


2. Tambahkan kentang 

Masakan yang keasinan bisa disiasati dengan menambahkan potongan kentang ke dalam masakan karena bisa menyerap rasa asin yang berlebihan. Tapi pastikan masakan tersebut cocok jika ditambahkan dengan kentang ya, Moms. Potong kentang dengan bentuk kotak berukuran sedang, lalu masukan kentang ke dalam masakan yang berkuah maupun masakan yang ditumis. Kentang mampu menetralkan masakan yang mempunyai rasa asin berlebih saat mengolah makanan.

3. Tambahkan susu atau santan




Kalau masakan yang Moms olah mengandung susu atau santan seperti pasta atau sayur lodeh dan rasanya keasinan, Moms bisa menambahkan sedikit santan atau susu di dalamnya. Susu dan santan termasuk bahan yang dapat membuat masakan yang keasinan menjadi netral, tapi pastikan Moms menggunakan susu UHT yang tidak ada rasanya ya.

4. Menambahkan gula atau lemon





Gula pasir menjadi alternatif yang cukup ampuh untuk mengatasi olahan seperti tumisan yang keasinan. Tapi jangan terlalu banyak juga memasukkan gula ke dalam tumisan yang buat, bisa jadi masakan malah terasa kemanisan. Masukkan sedikit saja gula untuk menetralkan rasa asin. Kalau masakan malah terasa kemanisan, gak perlu panik, cukup tambahkan sedikit perasan lemon pada masakan. Lemon juga dapat membuat rasa masakan yang asin dan kemanisan jadi normal kembali, namun takarannya harus disesuaikan dengan selera ya .

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/selamatkan-masakan-asin-dengan-cara-berikut

Belum ada Komentar untuk "Cara Selamatkan Masakan Asin "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel