MANISNYA SAUS KARAMEL

Beberapa makanan akan lebih enak jika ditambahkan dengan saus karamel, seperti pancake. Saus karamel ini bisa loh Penyuka Masak buat sendiri di rumah, ini caranya:

1. Masak gula dengan air
Panaskan gula dengan air dalam panci, pastikan menggunakan api sedang. Aduk perlahan hingga gula larut sepenuhnya dan air mulai mendidih. Saat gula sudah terlihat larut sepenuhnya, hentikan proses pengadukan dan teruskan memasak.

2. Masak terus hingga berubah warna
Proses pemanasan akan membuat larutan gula perlahan menjadi karamel. Perubahan warna akan terlihat dari putih bening menjadi kuning keemasan. Proses ini juga menghasilkan aroma karamel yang harum dan khas. Jika karamel menempel atau melekat di dinding panci maka Anda bisa membasuhnya dengan air yang dioles menggunakan kuas. Matikan api jika proses pemasakan sudah berlangsung 7 hingga 10 menit.

3. Tambahkan krim, butter dan garam

Karamel yang digunakan sebagai cocolan bisa diolah dengan menambahkan krim dan beberapa bahan tambahan untuk membuat rasanya semakin unik. Tuangkan krim perlahan sambil diaduk hingga rata. Hati-hati saat mengaduk karena karamel memiliki suhu yang cukup panas. Selanjutnya Anda bisa menambahkan butter dan sedikit garam. Aduk hingga rata dan sajikan karamel sebagai bahan cocolan atau tambahan dalam makanan.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2016/12/manisnya-saus-karamel-bisa-dibuat-sendiri-di-rumah-loh

Belum ada Komentar untuk "MANISNYA SAUS KARAMEL "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel