Membuat Kuah Kaldu yang Lezat dan Bening


Membuat kuah kaldu yang lezat dan jernih kedengarannya mudah dan praktis ya , tapi sebenarnya membuat kuah kaldu yang lezat tidak bisa sembarangan dan tidak semudah yang dibayangkan lho.

Jika ingin mendapatkan kuah kaldu dengan hasil yang maksimal, pemilihan bahan dan proses memasaknya harus benar. Supaya warnanya bening dan rasanya nikmat, yuk coba cara dibawah ini

1.Pilih bahan yang tepat




Cara membuat kuah kaldu ayam yang nikmat tentunya harus menggunakan bagian dari daging ayam yang tepat. Biasanya bagian ayam yang cocok untuk dijadikan bahan pembuatan kaldu adalah sayap dan ceker. Kalau tidak suka ceker, bisa menggantinya dengan bagian paha atas karena mampu membuat kuah kaldu dengan rasa yang lezat dan juga pekat gurihnya. Tapi jangan sampai salah memilih bahan ya , karena daging paha atas ayam dan paha bawah punya rasa dan kandungan yang berbeda. Daging paha ayam bagian atas lebih banyak mengandung kaldu, sedangkan paha ayam bagian bawah lebih banyak mengandung lemak. Oh iya , hasilnya akan lebih nikmat lagi jika menggunakan ayam kampung ya.

2. Teknik Merebus yang benar




Jika ingin mendapatkan air rebusan kaldu yang bening, harus melakukan dua kali proses perebusan. Pertama-tama rebus air hingga mendidih lalu masukan satu persatu potongan ayam karena memasukkan ayam saat air belum benar-benar mendidih akan membuat hasilnya menjadi keruh. Rebusan pertama bertujuan untuk membersihkan semua kotoran yang ada pada tulang ayam agar terangkat. Setelah itu, saring terlebih dahulu kemudian masak kembali air rebusan tersebut dengan menambahkan tambahan bumbu rempah, seperti bawang putih, lada, bawang bombay, daun bawang, seledri dan jahe agar tidak berbau amis.

3. Cara memasak dan penyimpanan kaldu





Poin yang paling penting ada pada cara saat memasak air kaldu. Masak menggunakan api yang kecil selama 1-2 jam agar sari dagingnya dapat keluar seluruhnya, lalu rebus dengan panci yang tertutup rapat sehingga kaldu yang dihasilkan memiliki kekentalan yang pas sesuai harapan. Nah jika kaldu sudah matang, segera saring kaldu dan simpan di dalam wadah yang kedap udara, kalau ingin kaldu bertahan lama, bisa menyimpannya di dalam freezer.

Sumber :https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/membuat-kuah-kaldu-yang-lezat-dan-bening

Belum ada Komentar untuk "Membuat Kuah Kaldu yang Lezat dan Bening"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel