Mengupas Jahe Dengan Sendok

Jahe memang salah satu bumbu dapur wajib yang sering digunakan saat mengolah makanan ataupun minuman, terutama masakan tradisional Indonesia. Namun bentuknya yang tidak beraturan ini seringkali membuat kesulitan untuk mengupasnya.

Memang sih bisa mengupas jahe menggunakan pisau, tapi cara yang satu ini kayaknya sudah tidak efektif lagi nih . Karena jika mengupas jahe dengan menggunakan pisau, secara tidak sadar akan banyak bagian dari jahe yang ikut terbuang bersama kulitnya nih.

Nah ternyata ada cara yang lebih mudah dan cepat untuk mengupas jahe nih . Caranya adalah dengan menggunakan sendok. Dengan mengupas menggunakan sendok, akan meminimalisir jahe yang ikut terbuang bersama kulitnya. Selain itu juga dengan sendok, bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan terluka karena terkena pisau dapur. Bingung bagaimana caranya mengupas jahe menggunakan sendok? Ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

1. Cuci jahe 



Jahenya harus dicuci dulu sebelum dikupas ya , agar kotorannya tidak tercampur ke dalam dagingnya ketika diiris dan lebih mudah memasaknya. Sambil dicuci, gosok-gosok permukaan kulit jahe sampai ke celah-celah kecilnya dengan jari atau ujung gagang sendok supaya benar-benar bersih.

2. Kupas dengan sendok 



Sebenarnya sendok yang dipakai bebas ukurannya tergantung ukuran jahenya sendiri, tapi disarankan untuk menggunakan sendok teh agar tidak terlalu sulit untuk mengupas jahenya. Pegang jahe di tangan sebelah kiri dan sendok teh pada tangan sebelah kanan. Kemudian kerok tipis-tipis kulit jahe.

3. Simpan di freezer usai digunakan




Usai menggunakan jahenya, bisa menyimpannya di dalam freezer dengan batas waktu kadaluarsanya sekitar 6 bulan bila disimpan begini. Masukkan daging-daging jahenya ke dalam plastik zip agar baunya tidak menyebar dan simpan di freezer supaya bisa digunakan lagi, lalu tinggal keluarkan dari freezer bila ingin digunakan lagi.


Dengan cara ini dipercaya dapat mengurangi daging jahe yang ikut terbuang pada saat mengupasnya dengan pisau, karena hanya kulit jahe yang akan terbuang.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/mengupas-jahe-dengan-sendok-bisa-kok

Belum ada Komentar untuk "Mengupas Jahe Dengan Sendok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel