Menyimpan Kentang Agar Tidak Mudah Busuk


Jika sering membeli kentang dalam jumlah banyak untuk persediaan di rumah, harus  tahu cara yang tepat untuk menyimpan kentang agar tetap segar dan tidak bertunas loh. Menyimpan kentang dengan benar bisa membuat kentang bertahan selama satu hingga dua bulan. Ikuti tipsnya yuk !

1. Pilah Kentang Sesuai dengan Kualitas 



Hal utama yang harus lakukan yaitu pisahkan kentang yang kulitnya rusak dengan kentang yang kulitnya masih bagus,  karena dapat menyebabkan kebusukan pada kentang yang masih bagus dan utuh. Jika pada kulit kentang terdapat bintik-bintik atau noda hitam, simpan paling lama hanya 2 hari dan harus langsung diolah saat itu juga ya . Setelah memisahkan kentang yang rusak dan yang masih bagus, jangan mencuci kentang yang kotor karena kulit kentang terdapat tanah yang menggumpal. cukup membersihkanya dengan sikat kering dan tidak perlu menggunakan air. Dengan cara ini, mencegah agar kentang tidak lembab dan membusuk.

2. Rendam Kentang di dalam Air Es 



Jika ingin kentang bertahan lama, jangan menyimpan kentang di dalam kulkas dengan suhu yang dingin karena dapat membuat pati kentang berubah menjadi gula, sehingga rasanya jadi manis. Warna kentang juga akan berubah jika menyimpannya di dalam kulkas. Ketika kentang sudah dipotong, kentang harus segera dimasak karena daging kentang yang terkena udara tidak bisa disimpan lagi untuk waktu yang lama.  Untuk menyiasatinya, rendam kentang yang sudah dikupas di dalam air es selama 5 menit, agar warnanya tidak cepat menghitam. Perlu diingat , merendam kentang dengan air es hanya dilakukan jika kentang akan dimasak karena jika tidak, kentang dapat menyerap sehingga mengubah cita rasa alaminya.

3. Jauhkan dari Sinar Matahari 




Simpanlah kentang yang masih bagus di tempat yang tidak terkena cahaya, dan jangan menyimpan kentang di dalam wadah yang kedap udara ya . Walaupun sudah menyimpan kentang di tempat yang tidak terkena cahaya dan cukup udara, harus tetap memeriksa kentang seminggu sekali untuk memastikan kalau kentang tidak mengalami tanda-tanda kebusukan. Tanda-tanda kebusukan pada kentang yang biasa timbul seperti muncul warna hijau yang tipis, daging kentang yang melunak serta kelihatan layu, kemudian terdapat pucuk kecil seperti tunas. Selain itu, kentang yang busuk mengeluarkan bau tidak enak dan teksturnya lunak atau berjamur.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/menyimpan-kentang-agar-tidak-mudah-busuk

Belum ada Komentar untuk "Menyimpan Kentang Agar Tidak Mudah Busuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel