Jenis-Jenis Bawang Untuk Masakanmu



Bawang merupakan salah satu bahan yang penting untuk berbagai jenis masakan. Selain untuk memberikan rasa, bawang juga menambah aroma masakan agar jadi lebih lezat disantap. Namun yang perlu tau, ternyata setiap jenis bawang mempunyai keunggulannya masing-masing lho. Penasaran? berikut penjelasannya:

1. Bawang Merah




Bawang merah biasanya diolah dengan cara dihaluskan untuk menambahkan rasa pada masakan, diiris, atau digoreng kering sebagai taburan pada makanan, tapi enggak jarang juga bawang merah dimakan mentah atau dijadikan acar untuk jenis-jenis masakan tertentu. Bawang Merah mengandung vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium dan zat besi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah, agar bawang merah di rumah awet, harus menyimpan bawang merah di tempat yang kering agar tidak bertunas dan masih bisa digunakan, jangan di tempat lembab ya !

2. Bawang Putih




Bawang putih mengeluarkan rasa gurih & aroma yang khas pada setiap masakan, serta dipercaya ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan otak, bahkan hingga penyakit seperti kanker dan jantung. Penggunaannya biasanya dicincang, dimemarkan, atau dihaluskan. Untuk tempat penyimpanannya sama nih, . Harus ditempat yang kering ya.

3. Bawang Bombay 
  


Bawang bombay ini berukuran besar, dengan kulit yang berwarna coklat kekuningan, berbeda dari bawang merah atau putih. Ia digunakan untuk memberikan aroma wangi yang ringan dan menambahkan rasa manis pada masakan. Biasanya bawang bombay harus ditumis terlebih dahulu hingga layu agar rasa manis dari bawang bombay keluar dan menambahkan cita rasa yang unik pada masakan, tapi cocok juga sebagai pelengkap makanan panggangan karena teksturnya renyah. Selain menambah cita rasa yang unik, bawang bombay mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang sangat baik untuk sistem pencernaan.

4. Bawang Bombay Merah 



Berwarna ungu tua, ia sangat mirip dengan bawang merah namun lebih besar dan jarang ditemui di pasar. Perbedaan bawang bombay merah dengan bawang bombay yang biasa ialah terletak pada teksturnya yang sedikit lebih tebal dan keras. Kandungan dan vitamin bawang ini sama dengan bawang bombay pada umumnya, namun bawang bombay merah juga mengandung serat dan asam folat yang membantu memperbaiki sel tubuhmu. Biasanya, bawang bombay merah ini paling sering dipakai untuk campuran salad, isi burger, atau salah satu bumbu penyedap kari karena mengandung bau dan rasa yang lebih lembut daripada bawang lainnya.


Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/jenis-jenis-bawang-untuk-masakanmu

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Bawang Untuk Masakanmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel