Tips Memilih Iga Sapi untuk Menu Lebaran


Lebaran sebentar lagi, beragam hidangan lezat nan khas pun mulai direncanakan jauh-jauh hari. Salah satu menu spesial yang tak pernah absen sebagai hidangan Lebaran adalah iga sapi. Banyaknya varian masakan yang bisa diterapkan untuk mengolah bagian tulang rusuk sapi ini, membuat setiap orang berbondong-bondong untuk menyajikannya saat Lebaran tiba.

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Sajian iga sapi, sepertio gulai iga maupun iga bakar, selalu sukses membuat lidah bergoyang. Selain bergantung dari cara memasaknya, ternyata pemilihan iga sapi yang tepat turut menentukan seberapa mantap iga sapi yang akan dihidangkan. Penasaran kan bagaimana cara memilih iga sapi yang benar untuk lebaran? Berikut ini tips lengkapnya

Memahami Jenis Iga Sapi

Sebelum memulai memilihnya, pertama harus paham dulu jenis iga sapi yang akan dipilih. Iga sapi sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu lokal dan impor. Iga sapi lokal mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Sementara untuk iga sapi impor biasanya lebih banyak ditemukan di supermarket. Jika dibandingkan dengan iga sapi lokal yang keras dan tipis, iga sapi impor lebih lembut. Chef Lucky, pemilik resto Iga Bakar Lucky@Martha, juga menambahkan iga sapi yang dibeli dari supermarket lebih terjamin kualitas dan kebersihannya. Sebab, iga sapi termasuk bagian yang sensitif dan mudah dihinggapi lalat untuk bertelur.

Hindari Lendir

Setelah memahami jenis-jenis iga sapi, proses pemilihan pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih iga sapi yang segar dan tidak berlendir. Untuk mengetahuinya, tekan dengan jari. Jika iga sapi berasa kenyal, maka tandanya iga masih bagus dan layak untuk dibeli. Jauhi pula iga sapi yang berbau busuk, karena kualitas dan kesegarannya sudah hilang.

Memilih Iga Sapi untuk Dipanggang

Tujuan orang membeli iga sapi biasanya kalau tidak dimasak dengan kuah bersantan, akan dipanggang. Bila sudah memantapkan tujuan membeli iga sapi untuk dipanggang atau dibakar, maka pilihlah iga sapi bagian punggung. Iga pada bagian belakang atau atas dari tulang rusuk ini memiliki daging yang lebih tebal, sehingga bakal lumer dimulut saat dihidangkan.

Memilih Iga Sapi untuk Direbus

Pilihan lain mengolah iga sapi selain dibakar atau dipanggang adalah direbus. Biasanya dibikin gulai maupun masak kuah lainnya. Nah, agar sajiannya lebih mantap, pilihlah iga sapi dari bagian bawah tulang rusuk. Kaldu yang dihasilkan dari iga sapi ini dapat membuat kuah masakan yang dibuat semakin mengguncang lidah untuk mencicipinya.


Tunggu apalagi, yuk segera pilih-pilih iga sapi yang tepat untuk membuat sajian Lebaran jadi lebih istimewa.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-memilih-iga-sapi-untuk-menu-lebaran.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Iga Sapi untuk Menu Lebaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel