4 Manfaat Baik Buah Pepaya


Kita lihat lagi yuk manfaat buah pepaya lainnya.

1. Mengatasi gangguan saluran pencernaan.

Enzim papain yang terdapat di dalam buah pepaya sangat baik dalam melancarkan sistem pencernaan, salah satunya adalah dapat mengatasi sembelit. Selain itu, di dalam kandungan gizi yang berfungsi pada manfaat ini adalah serat. Sepotong pepaya mempunyai serat 2,7 gram. Serat mampu mencegah dan mengatasi sembelit jika diiringi dengan peningkatan konsumsi air minum yang cukup setiap hari, karena dengan bkonsumsi air minum cukup dapat membantu kerja serat makanan dalam tubuh untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Nah buat Anda yang sekarang kebetulan susah buang air besar bisa segera konsumsi buah pepaya untuk megatasi sembelit, selain murah sangat mudah didapatkan.

2. Untuk perawatan kulit.

Sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan buah pepaya matang sebagai sabun kulit seperti yang telah diketahui dilakukan oleh penduduk di kepulauan Karibia. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada tahun 2009, pepaya matang dan biasanya diolah menjadi jus buah pepaya dapat digunakan unutk menghilangkan kulit berkerut karena faktor usia dan terpaan sinar matahari, dapat mencegah kerut-kerut pada kulit karena didalam pepaya mengandung zat yang dapat meremajakan kolagen. Di lain hal buah pepaya yang masih muda dapat dimanfaatkan air getahnya untuk menghilanglan kapalan dan menyembuhkan kaki yang pecah-pecah.

3. Sebagai antioksidan.

Pepaya berfungsi sebagi antioksidan karena pepaya mempunyai konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C dan vitamin E. Vitamin-vitamin yang terkandung di dalam buah pepaya tersebut mampu menangkal sumber-sumber penyakit yang masuk di dalam tubuh, salah satu contohnya adalah mencegah terjadinya kanker.

4. Untuk menurunkan berat badan.

Anda termasuk dalam kategori berbadan gemuk ? atau pernah didiagnosis oleh ahli gizi mengalami overweight atau obesitas ? tidak perlu bingung mencari solusimya, pepaya bisa menjadi salah satu alternatif makanan sehat untuk menjalani diet untuk menurunkan berat badan karena kandungan lemak pada buah pepaya adalah 0 gram. namun ada penelitian lain yang menyatakan bahwa kandungan lemak pada buah pepaya 0,41 gram dari seiris pepaya, dengan ini berarti kandungan lemak di dalam buah pepaya sangatlah rendah sehingga tidak dapat meningkatkan lemak meningkat, berat badan kita akan lebih cepat turun dengan konsumsi pepaya ini. Pastinya jika Anda akan menurunkan berat badan, dalam hal ini harus tetap aktivitas rutin dan olahraga.

Selain yang teruraiakan di atas, pepaya juga banyak mengandung mineral kalium, magnesium serta serat, oleh karena itulah pepaya banyak bermanfaat bagi kesehatan. Pepaya juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kalium seorang ibu pada masa menyusui.

Jadi kapan lagi kita harus suka konsumsi buah-buahan terutama buah pepaya? Sekarang, itulah jawaban yang paling tepat. Mudah kok jika memang Anda menginginkan tubuh Anda sehat jangan sungkan-sungkan makan makanan yang bergizi terutama buah-buahan, apalagi pepaya sangat mudah didapatkan, harga murah dan sangatlah mudah cara pengolahan agar pepaya terasa nikmat kita konsumsi. Anda dapat konsumsi buah pepaya dengan berbagai resep pilihan Anda. Anda dapat membuat jus buah, makan buah potong langsung, membuat manisan, smoothies, puding pepaya, pepaya ice cream.


Bisa juga Anda membuat untuk resep masakan sepeti tumis pepaya muda, pancakge pepaya dan masih banyak lagi. Namun yang harus diperhatikan cara pengolahannya ya agar Anda tetap terjaga kesehatannya. Selain itu diimbangilah jenis makanan sehat, olahraga teratur dan selalu pantau kesehatan Anda. Salam sehat !

Selamat Mencoba

Sumber:https://resepkoki.id/4-manfaat-baik-buah-pepaya/

Belum ada Komentar untuk "4 Manfaat Baik Buah Pepaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel