Lapar & Makan di Tengah Malam



Kami Akan menge-share pengalaman dan pendapat akan hal ini menurut seorang ahli gizi.

Apakah lapar di tengah malam hari itu normal?

Awalnya, lapar di tengah malam ini terjadi karena kelelahan atau kejenuhan tubuh, sehingga tubuh akan mengirimkan sinyal untuk tambahan asupan kalori. Biasanya sindrom ini normal terjadi pada orang-orang dengan kegiatan yang aktif di larut malam, tidak harus sibuk akan tugas atau pekerjaan, otak yang selalu aktif berpikir (akan hal apapun) ternyata juga akan menimbulkan hal ini loh!

Bakso atau mie rebus di kala malam dingin atau hujan

Ternyata seorang ahli gizi pun juga manusia loh! Yang akan cheating sesekali waktu. Jenis makanan yang dikonsumsi saat lapar ketika tengah malam menyerang pun disesuaikan dengan situasi kala itu, gue banget. Jika hujan dan dingin, saya suka mengonsumsi makanan berkalori tinggi seperti bakso dan mie rebus. Sementara jika tidak hujan, saya suka mengonsumsi buah potong. Oleh karenanya buah potong yang selalu ready di kulkas adalah kewajiban. Catet nih!

Sering gitu?

Saya termasuk sering menghadapi lapar tengah malam. Tetapi jika tubuh benar-benar letih dan tidak ingin terjaga untuk melanjutkan aktifitas, saya lebih senang minum air putih. Oleh karenanya saya selalu siap sebotol air putih di samping tempat tidur. Ih wow, kerennya. Catetan nomer dua nih!

Kalo sering, ga takut eehhmm..tumbuh ke samping?

Terapkan prinsip hutang dengan tubuh! Apaan tuh? Jika saya merasa malam ini makan saya banyak, maka di keesokan hari saya akan membayar hutangnya dengan membatasi makanan tinggi kalori, seperti nasi, segelas kopi penuh krim, atau kue-kue dan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan. Misalnya hanya makan sepiring lengkap gado-gado dan jus buah untuk makan siang keesokan harinya. Wih, mantap!

Jadi …

Lapar di tengah malam itu wajar apalagi buat kamu orang modern yang penuh dengan kesibukan. Yang penting, lebih bijak ya saat memilih apa yang hendak kamu makan. Lalu bayarlah hutangmu dengan makan makanan yang lebih sehat keesokan harinya. Ingat guys, rejeki paling berharga adalah kesehatan. 


Nia Tiffany Harrka saat ini menjabat sebagai Kepala Instalasi Gizi RS Prima Pekanbaru. Sebelumnya, ia merupakan ahli gizi sekaligus konsultan lifestyle center RS Awalbros Pekanbaru (2014-2016). Selain itu ia juga aktif sebagai ketua Hilo Green Community Pekanbaru (2015-2016). Passionnya sejak dulu ada di dunia makanan dan gizi, mencoba aneka jenis makanan dan menerka efeknya di dalam tubuh. Baginya passion ini tidak harus dikatakan bermanfaat jika menghasilkan uang, karena ia telah banyak merasakan manfaatnya untuk diri sendiri dan orang-orang tersayang.

Sumber:https://resepkoki.id/lapar-makan-di-tengah-malam/

Belum ada Komentar untuk "Lapar & Makan di Tengah Malam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel