9 Cara Memilih Semangka yang Matang

Mari simak caranya memilih semangka yang sudah matang.

1. Cabut Tangkainya

Ini cara yang paling mudah, lho! Supaya tahu semangkanya sudah matang atau belum, kamu tinggal mencabut tangkai tersebut. Kalau tangkainya langsung lepas, berarti semangkanya sudah matang.

2. Lihat Ruas Warna Hijau di Semangka

Nah, setelah itu lanjut perhatiin ruas-ruasnya deh. Semakin tua warna hijau ini artinya semakin bagus, semangka sudah matang.

3. Cek Bagian Bawah Semangka

Biasanya nih, di bagian bawah semangka ada bercak warna kuning berbentuk lingkaran. Lingkaran ini disebut field spot karena bersentuhan langsung dengan tanah.

Nah semakin lebar dan tua warna kuning tersebut menandakan semangka matang. Kenapa? Sebab artinya semangka mendapat sinar matahari yang cukup selama proses pertumbuhannya.

4. Hindari Semangka yang Punya Bercak Putih

Eits kalau lihat semangka punya bercak putih, jangan dibeli dulu! Warna putih ini adalah indikasi buah tersebut kurang cahaya matahari, sehingga kemungkinan semangka belum matang betul. Sudah tahu, kan, kalau untuk mematangkan semangka dibutuhkan sinar matahari yang cukup?

5. Pilih Semangka yang Berat

Kamu tahu kan kenapa semangka berat karena 90% bagian semangka terdiri dari air. Maka semakin berat semangka merupakan pertanda bahwa semangka tersebut sudah matang. Yeay!

6. Ketuk Buah Semangka

Memang cara ini susah-gampang sih. Tapi banyak orang yang percaya kalau mengetuk buah semangka bisa juga kasih tahu kita apakah semangkanya sudah matang atau belum.

Kalau semangka berbunyi nyaring, tandanya buah tersebut belum matang. Tapi kalau saat diketuk bunyinya agak ‘dalam’ dan tidak menggema, tandanya semangka sudah matang.

7. Hindari Membeli Semangka di Musim Hujan

Saat musim hujan tentunya akan sulit bagi semangka mendapatkan sinar matahari. Padahal semangka butuh sinar matahari supaya matang sempurna. Maka ada baiknya jangan beli semangka di musim hujan kalau kamu gak mau dapat yang zonk.

8. Belilah Semangka Lokal

Selain membantu para petani semangka lokal, ternyata dengan kamu memilih semangka lokal akan lebih besar kemungkinannya untuk dapat semangka yang matang. Soalnya, semangka lokal punya kesempatan lebih besar untuk matang di pohonnya daripada semangka impor.

9. Pilih Semangka Potong Berwarna Merah Terang
 

Lalu, gimana kalau semangkanya sudah dipotong sama penjual? Cari semangka yang warnanya merah terang dengan biji berwarna gelap, ya. Sebisa mungkin hindari beli semangka dengan warna merah pucat atau banyak biji yang berwarna putih.


Selain di makan langsung, semangka yang dibikin jus juga tak kalah enak, lho! Apalagi kalau pakai Cosmos CJ-388 . Juicer ini hadir dengan 2 tingkat kecepatan untuk menghasilkan tekstur jus sesuai selera. Disertai dengan sistem safety lock dan overheat protection untuk proses membuat jus yang lebih aman, serta foam separator untuk hasil jus yang jernih.

Sumber:https://resepkoki.id/8-cara-memilih-semangka-yang-matang/

Belum ada Komentar untuk "9 Cara Memilih Semangka yang Matang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel