3 Cara Membuat Keripik Kentang Homemade


Keripik kentang mudah ditemukan di pasaran dan harganya sangat terjangkau. Cemilan dalam kemasan ini juga hadir dalam berbagai rasa yang pasti menggoda lidah. Namun tak selamanya yang enak dan bikin nagih itu sehat, ya. Makanya, belajar buat keripik kentang di rumah yang terjamin renyah dan sehat, yuk!

1. Pilih kentang terbaik dan potong tipis



Sajian terbaik datang dari bahan terbaik. Pilihlah kentang berkualitas dengan kulit yang mulus, tidak berlubang, dan ciri lain yang bisa dilihat di sini. Setelah itu, cucilah kentang hingga bersih. Kupas kentang dengan peeler atau pisau hingga tersisa daging dalamnya. Tapi ini tidak wajib, ya, soalnya ada yang suka keripik berkulit kentang.

Kerenyahan keripik kentang bergantung pada potongannya. Semakin tipis maka akan semakin renyah. Hindari memotong setipis kertas agar tidak hancur saat digoreng. Anda bisa memotong kentang dengan peeler,pisau tajam, atau Graha FE Set Mini Cutter (lihat di Lazada DISKON) yang memiliki pisau pengiris keripik. Dengan alat pengiris ini, potongan yang dihasilkan pasti bisa tipis dan sama rata.

2. Rendam dalam air dingin atau larutan cuka

Rendam irisan kentang dalam air dingin selama 10 menit. Tujuannya supaya kanji dalam kentang dapat berkurang dan membuat keripik kentang lebih renyah. Cara ini juga bisa dilakukan untuk singkong, apel, wortel, bit, nanas, dan bahan keripik lain yang mengandung kanji.

Larutan cuka juga bisa dijadikan alternatif rendaman, lho. Selain memperkuat rasa, cuka juga dapat membuat keripik kentang berwarna lebih cerah. Caranya, campurkan air dan cuka secukupnya dan rendam kentang selama minimal 10 menit. Oh ya, anda juga bisa langsung menggorengnya tanpa merendam, tapi keripik akan berwarna lebih gelap cenderung coklat.

Setelah irisan kentang ditiriskan, beri bumbu seperti garam, merica, cabai bubuk, atau aneka herbs seperti parsley, thyme, dan lain-lain.

3. Goreng irisan bahan hingga kering dan renyah

Pastikan irisan kentang kering dari air rendaman. Sebab, kentang akan lebih cepat matang dan teksturnya pasti renyah. Pakailah teknik deep-fry untuk menggoreng irisan kentang. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah panas dengan mengecek adanya gelembung atau mencelupkan satu iris kentang. Gorenglah secara bertahap misalnya tahap pertama 10 iris, lalu tahap berikutnya 10 iris hingga irisan kentang habis. Angkat keripik kentang ketika mulai terlihat kering.

Kalau ingin mengurangi minyak, anda bisa memanggang irisan kentang dalam oven. Susun irisan kentang dalam loyang datar. Set suhu oven 200 derajat Celcius dan panggang irisan kentang kurang lebih 20 menit. Selain oven, pakai microwave pun jauh lebih cepat. Letakkan irisan kentang dalam wadah datar yang microwavable lalu panaskan selama kurang lebih 3-6 menit. Cepat, kan? Sayangnya, anda tak bisa buat sebanyak menggoreng atau dipanggang pakai oven.


Keripik renyah dan sehat pun siap disantap! Simpan dalam toples atau wadah yang kedap udara agar keripik homemade anda lebih awet.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-membuat-keripik-kentang-homemade/

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Membuat Keripik Kentang Homemade"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel