4 Cara Langkah Praktis Membuat Cendol atau Dawet


Tidak sulit, lho, untuk membuat cendol. Coba praktikkan tips di bawah ini.

1. Siapkan bahan

Untuk membuat cendol, bahan-bahan yang anda perlukan antara lain adalah tepung beras, tepung hunkwe, air perasan daun suji (ganti dengan pasta pandan bila tidak ada), air matang, dan air es. Jangan lupa juga siapkan juga saus gula merah cair dan kuah santan untuk pelengkap jika cendol anda sudah jadi nanti.

2. Campur semua bahan

Selanjutnya, aduk tepung beras dan tepung sagu menggunakan setengah dari air matang yang anda miliki. Nah, sisa airnya bisa anda rebus bersama air kapur sirih dan air daun suji. Anda juga bisa menambahkan garam agar rasa cendol lebih gurih. Setelah rebusan air tadi mendidih, masukkan adonan tepung tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai mengental dan tidak menggumpal. Matikan kompor.

3. Cetak adonan cendol



Selagi adonan cendol masih panas, cetak dalam alat khusus yang berlubang yang ditaruh di atas baskom berisi air es. Fungsi air es di sini adalah untuk menghentikan proses memasak dari cendol. Air es juga bisa membantu agar nantinya adonan cendol tidak lengket satu sama lain. Setelah itu, tekan-tekan sampai adonan cendol terbentuk.

Lakukan hal tersebut sampai seluruh adonan cendol habis. Saran saya, hindari mencetak cendol dalam keadaan dingin, karena nantinya cendol akan susah dicetak dan bentuknya menjadi tidak cantik.

Cetakan cendol bisa anda temukan di pasar atau lewat toko online, seperti Eddy Cetakan Cendol Dorong Stainless Steel ini. Harganya terjangkau dan terbuat dari bahan aluminium anti karat, sehingga kuat dan tahan lama.

4. Sajikan cendol


Setelah semua adonan cendol selesai dicetak, pisahkan cendol dari air rendamannya dengan cara disaring. Lalu siapkan gelas saji. Sekarang, saatnya anda mulai meracik es cendol anda. Pertama-tama masukkan es batu, lalu kemudian tambahkan saus gula, cendol, terakhir anda bisa menyiramkan santan sampai gelas terisi penuh. Agar lebih cantik, anda bisa menambahkan daun suji yang ditancapkan ke bagian pinggir gelas. Cendol yang segar dan nikmat pun siap anda nikmati bersama keluarga.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-langkah-praktis-membuat-cendol-atau-dawet/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Langkah Praktis Membuat Cendol atau Dawet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel