4 Cara Sukses Membuat Bandeng Presto Gurih dan Lezat


Jika anda ingin menikmatinya, tak perlu lah jauh-jauh ke Semarang. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Agar bandeng yang dibuat lezat, simak tips membuatnya di bawah ini.

1. Memilih dan Membersihkan Bandeng

Pilihlah bandeng yang masih segar dan berkualitas bagus. Ingat, kualitas bahan makanan yang bagus akan menghasilkan sajian dengan cita rasa yang berkualitas pula. Sebelum mengolahnya, buang kotoran pada ikan bandeng dan bersihkan di bawah air mengalir hingga tak ada kotoran yang tersisa. Jika tak ingin repot, anda bisa biarkan sisiknya.

2. Membumbui Ikan

Dalam proses pembumbuan, ikan dilumuri dengan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih, ketumbar, dan kunyit. Anda tidak perlu menambahkan air pada bumbu-bumbu tersebut, ya.

Kunyit juga dapat pula secara terpisah dioleskan setelah bandeng dibumbui, untuk memberikan warna kuning pada permukaan bandeng. Anda juga bisa menambahkan rempah-rempah seperti daun salam, laos, dan sere untuk menjadikan bandeng semakin lezat.

Jangan lupa, gunakan jumlah garam yang lebih banyak dari jumlah yang biasa kita gunakan dalam membuat ikan goreng. Penambahan garam ini bertujuan agar rasa gurih ikan tidak hilang setelah dipresto. Semua bumbu-bumbu yang digunakan tadi bisa juga dihaluskan jadi satu, baru kemudian dilumurkan ke seluruh permukaan ikan.

3. Memasak dengan Panci Presto


Setelah dibumbui, saatnya bandeng dimasak. Jangan lupa untuk menakar air dengan ukuran yang pas. Siapkan panci presto Vicenza Pressure Cooker VP 308/8L (lihat di Lazada DISKON) dan berikan air sebanyak sampai batas tinggi angsangnya. Jangan kurang atau jangan lebih ya! Berikan air dengan ukuran yang pas. Selebihnya tinggal letakkan bandeng pada angsang dan tutup panci presto.

Masaklah dengan api kecil selama 45 menit hingga 2 jam setelah muncul bunyi desisan panci. Sesekali anda boleh membuka katup uap panci prestonya, agar tekanan berkurang dan ikan bandeng menjadi tidak mudah hancur.

Jika anda mencium aroma sedap nan harum, itu tandanya bandeng presto sudah matang. Cicipi rasa bandeng yang anda buat. Apabila masih kurang asin, oleskan garam pada bandeng dan tutup kembali pancinya. Masak lagi bandeng, hingga garamnya meresap. Jangan terlalu lama memasaknya ya, cukup sebentar saja.

4. Penyajian


Setelah bandeng dirasa sudah matang, matikan api. Diamkan panci hingga suhunya menurun, tidak mengeluarkan uap, dan hilang bunyi desisannya. Baru kemudian buka tutup panci dan  tunggu bandeng sampai dingin. Jika anda mengangkatnya ketika masih panas, bandeng akan mudah hancur. Bandeng presto bisa digoreng begitu saja atau dibuat menu hidangan lain. Jika anda ingin mengorengnya, bisa dicampurkan dengan telur atau tepung terlebih dahulu, agar lebih renyah dan krispi. Nikmati bersama sambal dan nasi hangat, ya!

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-sukses-membuat-bandeng-presto-gurih-dan-lezat/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Sukses Membuat Bandeng Presto Gurih dan Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel