4 Tips Menggoreng Enak Dengan Minim Minyak


Namun sekarang, menggoreng dengan minim minyak itu bukan mimpi, lho. Ada beberapa alternatif cara dan alat menggoreng yang bisa dipakai tanpa takut risiko-risiko. Penasaran? Langsung cek di bawah ini, yuk!

1. Gunakan teknik menggoreng tumis/sautee

Ada teknik menggoreng dengan sedikit minyak, yang disebut sautee atau tumis. Enaknya teknik ini, kita bisa menggabungkan berbagai macam bahan dalam satu penggorengan seperti daging, sayur, jamur, dan sebagainya. Potong kecil-kecil bahan yang akan dimasak, panaskan minyak dalam penggorengan, dan masak sebentar saja. Selama bahan gorengannya tak memakai tepung, menumis bisa jadi cara menggoreng yang mudah dan praktis.

2. Pakai wajan yang anti-lengket

Alat masak anti-lengket sudah banyak digunakan di masyarakat. Misalnya teflon. Jenis material ini banyak dijual di pasaran Indonesia dalam bentuk aneka peralatan masak, salah satunya adalah wajan. Seperti namanya, wajan teflon tidak memerlukan banyak minyak untuk menggoreng.

Selain itu, ada juga jenis wajan anti-lengket bernama “double pan” (merk Happycall, misalnya). Jenis wajan ini bahkan bisa mematangkan secara sempurna tanpa minyak sama sekali! Hebat, kan? Praktisnya lagi, kita tak perlu susah-susah membalik masakan dengan spatula.

3. Gunakan minyak dengan oil mister

Seringkali kita agak ragu untuk menuangkan minyak ke dalam wajan karena takut kebanyakan. Nah untuk meminimalisir minyak, anda bisa pakai oil mister atau alat penyemprot minyak. Konsepnya seperti cooking spray dan parfum, yakni semprot minyak ke wajan dan langsung goreng! Oil mister terhitung lebih murah dari cooking oil, sebab anda hanya butuh satu botol penyemprot untuk jangka panjang. Jadi tinggal refill minyak goreng saja, deh.

4. Pakai alat goreng air-fryer


Air-fryer adalah alat menggoreng yang memanfaatkan suhu udara panas untuk mematangkan berbagai bahan makanan. Air-fryer memang tak butuh banyak atau bahkan tak butuh minyak sama sekali. Air-fryer dapat menggoreng aneka bahan tepung hingga frozen food seperti nugget dan kentang goreng. Tinggal set waktu dan suhunya, lalu gorengan sehat dan enak bisa langsung disantap!

Sumber:https://resepkoki.id/4-cara-menggoreng-enak-dengan-minim-minyak/

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Menggoreng Enak Dengan Minim Minyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel