5 Cara Membersihkan Alat Parutan Agar Bersih dan Bebas Karat


Parutan adalah satu dari beberapa alat dapur yang mudah sekali berkarat. Karat ini terbentuk karena sisa makanan tertinggal di sela-sela parutan yang sulit dibersihkan. Oleh karena itu, penting sekali untuk tahu bagaimana cara membersihkan parutan yang baik dan benar agar parutan anda terbebas dari karat. Berikut tips yang anda bisa coba sendiri di rumah.

1. Rendam parutan dengan air hangat

Langkah pertama yang harus anda lakukan saat membersihkan parutan adalah merendamnya dalam air hangat. Air hangat bisa membantu melunakkan sisa makanan yang tertinggal di parutan sehingga akan lebih mudah dibersihkan nantinya. Rendam parutan selama kurang lebih lima menit. Atau jika sisa makanan sudah kering dan menempel rekat pada parutan, anda bisa merendamnya lebih lama lagi.

2. Masukkan parutan ke dalam oven

Cara lain untuk membersihkan sisa makanan di dalam parutan adalah dengan memasukkan parutan tersebut ke dalam oven dengan suhu 70°C selama kurang lebih sepuluh menit. Memanggang parutan dalam oven bisa membuat sisa makanan kering dan akan lepas dengan sendirinya saat parutan dilap. Agar lebih bersih, cuci kembali parutan dengan sabun.

3. Bersihkan parutan dengan menggunakan kentang

Setelah digunakan untuk memarut bahan makanan, cobalah untuk memarut kentang. Kentang berfungsi membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela parutan, sehingga bisa mencegah parutan anda berkarat. Setelah itu, cuci parutan seperti biasa.

4. Bersihkan parut dengan menggunakan sikat gigi

Bulu sikat gigi bisa menjangkau bagian sela-sela parutan dengan lebih sempurna sehingga parutan pun bersih maksimal. Jangan sekalipun membersihkan parutan menggunakan spons pencuci piring yang biasa. Karena selain tidak akan efektif membersihkan parutan, juga hanya akan membuat spons pencuci piring anda rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

5. Keringkan parutan dan simpan di tempat bersih

Setelah dicuci, jangan langsung menyimpan parutan begitu saja. Usahakan untuk mengeringkasn parutan terlebih dahulu, baru kemudian simpan. Parutan yang kering akan mencegah timbulnya karat. Keluarkan parutan saat akan digunakan kembali.


Membersihkan parutan dengan benar juga bisa membuat anda lebih hemat, lho, karena tidak perlu sering-sering membeli parutan yang baru.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-membersihkan-alat-parutan-agar-bersih-dan-bebas-karat/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Membersihkan Alat Parutan Agar Bersih dan Bebas Karat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel