10 Jenis Olahan Daging Dalam Kemasan Di Indonesia


Ada banyak jenis daging olahan di Indonesia. Mau tahu apa saja? Langsung cek di bawah ini!

1. Sosis



Olahan daging yang satu ini pasti tak asing lagi. Sosis dibuat dari daging giling sapi atau ayam yang dicetak dalam bahan sintesis (plastik) agar awet. Kini sosis hadir dalam berbagai rasa seperti blackpepper, keju, dan sebagainya. Bentuk sosis di Indonesia cenderung lurus dan berukuran lebih kecil dari sosis Eropa. Sosis dijual dalam bentuk siap makan atau mentah, yang nantinya bisa dibuat hiasan macaroni schotel, omelet mie, atau isian roti unyil.

2. Kornet



Anda suka buat Internet alias mie instan-telur-kornet? Nah, daging olahan ini jadi salah satu bintangnya! Kornet dibuat dari daging giling sapi (bagian sandung lamur) yang diawetkan dalam air garam lalu direbus. Biasanya dijual dalam bentuk sachet atau kalengan kotak di pasaran. Tapi kornet tidak 100% daging, nih. Daging olahan ini terbuat dari campuran daging, terigu, gula, garam, dan bumbu lainnya. Bentuknya lunak dan berwarna merah muda. Selain mie instan, campurkan dalam nasi goreng atau dibuat perkedel juga enak, lho!

3. Daging asap



Olahan daging ini terkenal dengan bentuknya yang tipis dan bulat. Daging asap atau smoked beef/chicken gampang ditemui di pasaran, baik supermarket atau pasar tradisional. Tapi, daging asap dalam kemasan berbeda dengan daging asap segar, lho. Ternyata, daging asap secara harafiah merupakan daging yang diawetkan dengan cara pengasapan. Teknik ini sudah dilakukan sejak masa prasejarah. Wah lama sekali, ya? Daging asap ala Indonesia biasa digoreng, dipanggang, atau dibuat bahan isi risoles mayo atau chicken gordon bleu.

4. Ham



Kalau kita googling, daging ham akan muncul dalam bentuk irisan daging tipis seperti daging asap. Di luar negeri, ham terkenal sebagai irisan daging babi bagian kaki belakang. Olahan daging ini mengalami proses pengasapan dan pengasinan agar awet. Bedanya dengan Indonesia, ham identik dengan luncheon meat, yakni irisan kornet tebal berbentuk persegi panjang. Ham Indonesia terbuat dari daging sapi dan biasanya digoreng, dipanggang di atas wajan, atau sebagai campuran sup dan rebusan lainnya.

5. Nugget



Kalau daritadi kita lihat olahan daging berwarna merah, sekarang ada nugget yang terlihat ‘beda’. Pengolahan nugget di pabrik cukup ribet, nih. Namun yang pasti, daging nugget sudah tercampur dengan tepung, pengelmusi, dan berbagai bumbu. Ada beragam jenis dan bentuk nugget frozen, tapi yang paling terkenal adalah nugget ayam. Nugget biasa disajikan bersama nasi atau jadi cemilan.

6. Bakso



Olahan yang satu ini ngehits banget, ya. Di Indonesia ada banyak jenis bakso, mulai dari bakso sapi, ayam, ikan, sampai seafood. Bakso orang Eropa dan Amerika berbeda dengan Indonesia. Mereka hanya membulatkan daging giling hingga berbentuk bola dan langsung dimasak. Nah, bakso buatan Indonesia dicampur dengan tepung tapioka sehingga terasa kenyal. Bakso fleksibel dibuat apapun seperti bakso Malang, bakso bakar, bakso goreng, tahu bakso, dan sebagainya.

7. Abon



Menurut saya, abon adalah olahan daging yang unik. Bentuknya halus seperti benang wol dan berwarna coklat. Ternyata, abon dibuat dari serat daging yang dikeringkan dan masa awetnya bisa berbulan-bulan, lho. Tak heran abon sering dijadikan stok lauk. Abon dibuat dari daging sapi, ayam, kambing, babi, domba, atau ikan. Selain stok lauk, abon juga sering dijadikan topping bubur ayam, nasi kuning, atau dijadikan isi lemper dan cireng.

8. Dendeng



Daging pipih yang dikeringkan dengan campuran bumbu ini cukup populer di Indonesia. Sama seperti abon, dendeng juga dijual dalam kemasan untuk jadi stok lauk. Dendeng bertekstur keras dan bercitarasa gurih-manis. Olahan daging ini dibuat dari daging sapi, kerbau, babi, dan sebagainya. Mau tahu cara buat versi homemade-nya? Klik di sini, ya.

9. Bacon



Daging tipis berwarna merah-putih ini identik dengan menu sarapan. Warna merah-putih ini adalah perpaduan daging dan lemak. Makanya, bacon populer sekali di luar negeri karena terasa paling gurih dari olahan lain. Di Eropa dan Amerika bacon dibuat dari daging babi, tapi di Indonesia ada bacon yang terbuat dari sapi, lho. Bacon bisa digoreng, dipanggang, lalu disajikan begitu saja dengan telur atau diselipkan di antara roti sandwich.

10. Salami



Salami memiliki bentuk utuh seperti sosis, tapi lebih banyak dijual dalam bentuk irisan. Ukurannya lebih kecil dari daging asap, dengan warna merah-putih dari campuran daging dan lemak. Salami di Indonesia terbuat dari daging sapi dan babi. Olahan ini populer sebagai pepperoni untuk topping pizza atau isi sandwich.


Dari semua olahan daging di atas, mana yang favorit anda, nih? Kalau saya sih tak bisa milih. Karena bentuknya beragam, kita jadi bebas mengkreasikannya dalam berbagai hidangan. Namun sebaiknya jangan terlalu sering makan daging kemasan, ya. Sebab, olahan daging ini telah melalui proses pabrik dan diberi bahan pengawet.

Sumber:https://resepkoki.id/10-jenis-olahan-daging-dalam-kemasan-di-indonesia/

Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Olahan Daging Dalam Kemasan Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel