5 Cara Sukses Menanam Daun Pandan Sendiri di Rumah


1. Perhatikan pemilihan bibit

Untuk mendapatkan daun pandan terbaik, maka anda pun harus menanam bibit yang bagus dari anakan daun pandan. Pilihlah anakan di antara gerombolan daun pandan yang sehat dan segar, dicirikan dengan warna daun hijau muda dan tidak ditemukan luka di daun. Jika anda sudah menemukan anakan daun pandan yang seperti itu, potong dengan hati-hati agar daun pandan tidak mati.

2. Perhatikan pemilihan tanah

Selanjutnya, anda juga harus memperhatikan pemilihan tanah sebagai media untuk menanam daun pandan. Agar daun pandan anda bisa tumbuh subur, campurkan tanah tersebut dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Lalu campur sampai merata dan masukkan ke dalam pot. Tekan-tekan tanah sampai padat lalu lubangi dengan kedalaman sekitar 22-27 cm.

Setelah itu, tanam bibit pandan secara perlahan dengan posisi tegak lurus. Padatkan kembali tanah di sekitar daun pandan dan tahan dengan batu-batu kecil atau pecahan batu bata bila perlu, agar nantinya tidak roboh.

3. Rutin menyiram daun pandan

Daun pandan termasuk ke dalam tanaman yang membutuhkan banyak air. Hal tersebut terjadi karena daun pandan memiliki banyak daun yang panjang dan lebar sehingga mudah menguap. Anda bisa menyimpan pot daun pandan di tempat yang lembap dan dekat dengan sumber air. Jangan lupa juga untuk menyiram daun pandan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

4. Berikan pupuk agar tetap subur

Sebagai perawatan tambahan, anda juga bisa memberikan pupuk organik pada tanah sebulan sekali, agar unsur hara dalam tanah bisa tetap terjaga dengan baik. Daun pandan anda pun bisa tumbuh dengan subur dan sehat.

5. Pangkas daun yang rusak, kering, dan menguning


Meski sudah dirawat dengan baik, kadang ada saja daun pandan yang mengering, layu, bahkan busuk. Untuk mengatasinya, anda bisa memotong anakan daun pandan yang rusak tersebut agar kerusakan tidak menyebar pada daun pandan yang lain. Jika perlu, anda juga bisa menyemprotkan pestisida agar daun pandan bebas dari hama dan ulat.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-sukses-menanam-daun-pandan-sendiri-di-rumah/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Sukses Menanam Daun Pandan Sendiri di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel