4 Cara Menggulung Rolade Agar Bulat dan Padat Sempurna


Ada beberapa trik khusus yang perlu dilakukan agar bentuk rolade bisa bulat, padat, dan rapi. Anda penasaran apa saja tipsnya? Cek infonya di bawah ini.

1. Gulung rolade dengan perlahan

Salah satu keunikan dari rolade adalah bentuknya yang bulat dan padat. Nah, untuk mendapatkan bentuk rolade yang sempurna, penting sekali bagi anda untuk menggulungnya dengan benar. Pertama-tama, susun kulit atau dadaran telur di piring datar, lalu taruh isian daging sedikit demi sedikit dengan ketinggian yang sama. Selanjutnya, tekan-tekan hingga isian rolade padat dan rata.

Gulung rolade dengan perlahan dan hati-hati, sambil selalu dipastikan gulungan sudah padat dan kokoh (tidak longgar dan terlihat goyah). Gulung terus rolade sampai habis lalu tahan sebentar.

2. Pilih bahan untuk membungkus dan menggulung rolade

Agar gulungan rolade tidak lepas dan bentuknya tetap konsisten saat dikukus, maka anda harus membungkusnya. Ada tiga bahan pembungkus rolade yang bisa anda pilih.

Daun pisang

Bahan pertama yang bisa anda gunakan untuk membungkus rolade adalah menggunakan daun pisang. Agar hasil gulungan maksimal, pilih daun pisang yang masih muda agar lebih lemas dan mudah dibentuk. Atau jika anda hanya memiliki daun pisang yang sudah tua, anda bisa mengakalinya dengan menjemur atau memanaskannya di atas api kecil agar lebih lemas.

Susun beberapa lapis daun pisang untuk alas rolade agar tidak sobek. Selanjutnya, bungkus rolade sampai padat, lalu semat kedua sisi daun pisang dengan lidi agar gulungan daun tidak terlepas dan rolade tetap padat. Daun pisang sebagai pembungkus ternyata punya kekurangan yaitu warna kehijauannya yang bisa melunturi kulit dadar rolade.

Plastik tahan panas

Yang kedua, anda bisa menggunakan plastik. Caranya adalah letakkan plastik di permukaan datar, lalu taruh rolade yang sudah digulung dengan hati-hati. Selanjutnya, bungkus rolade sampai padat. Jangan lupa mengikat kedua sisi plastik dengan benang atau karet ya, agar bungkus plastik tidak terlepas. Perlu diingat, pastik yang digunakan harus plastik khusus yang tahan panas.

Jika anda menggunakan plastik biasa, plastik bisa meleleh atau bahan kimianya berpindah ke dalam makanan. Nah, agar plastik tidak mengembung saat dikukus, tutuk-tusuk permukaan plastik dengan jarum terlebih dahulu agar sirkulasi udara lancar.

Alumunium foil

Jika ingin lebih mudah dan praktis, anda bisa menggunakan alumunium foil untuk menggulung rolade. Caranya adalah dengan menumpuk beberapa lembar alumunium foil untuk alas rolade. Pastikan tidak ada lubang ya agar rolade tidak bocor. Selanjutnya, letakkan rolade di tengah-tengah alumunium foil dan bungkus sampai padat. Pastikan anda memelintir kedua ujung alumunium foil dengan kencang agar bentuk rolade tetap padat.

3. Kukus rolade

Jika gulungan rolade sudah rapat dan dibungkus dengan benar, maka anda sudah bisa mengukusnya. kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai rolade matang. Pastikan anda mengisi air kukusan dengan cukup, agar rolade bisa matang dengan sempurna.

4. Pastikan rolade sudah dingin sebelum dipotong


Setelah rolade matang, jangan buru-buru melepas gulungan dan memotongnya. Sebab, tekstur rolade masih agak lembek jika panas. Tunggu beberapa saat sampai suhu rolade sudah sesuai suhu ruangan. Jika sudah dingin, barulah anda bisa mulai melepas gulungan rolade dan memotongnya. Pastikan anda menggunakan pisau yang benar-benar tajam agar rolade tidak hancur.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-menggulung-rolade-agar-bulat-dan-padat-sempurna/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Menggulung Rolade Agar Bulat dan Padat Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel