5 Tips Memilih Toples Untuk Kue Kering


Untuk memilih toples yang tepat untuk kue kering agar awet,  akan bagikan panduan di bawah ini.

1. Pilih bahan sesuai kebutuhan

Toples yang berbahan kaca biasanya lebih tebal dan lebih kedap udara dibanding toples plastik biasa. Pilih toples kaca yang tebal dan kokoh untuk menyimpan kue kering anda. Namun jika anda punya anak kecil di rumah dan khawatir toples tersenggol kemudian jatuh serta pecah, toples plastik adalah pilihan yang tepat. Pilih toples dengan bahan plastik yang berlabel food grade atau aman bagi makanan.

2. Perhatikan kualitas

Sebelum dipakai, teliti terlebih dahulu toples yang akan anda pakai. Adanya keretakan di dinding toples atau tutup toples yang kurang rapat akan menyebabkan ‘masuk angin’ sehingga kue kering di dalamnya akan lebih mudah melempem. Pastikan tutup toples mudah dibuka untuk kenyamanan saat menikmati isinya. Jika anda memakai tutup toples yang berkaret, pastikan karet masih menempel baik, ya! Karet ini juga bisa melar jika toples sudah berusia lama sehingga akan sulit tertutup rapat atau kedap udara.

3. Bersihkan dan keringkan toples

Setelah memilih toplesnya, bersihkan toples dengan air dan sabun lalu keringkan hingga benar-benar kering. Jika tercium bau yang kurang sedap, anda bisa mencucinya dengan tambahan soda kue lalu didiamkan beberapa menit sebelum dibilas. Selain dilap kering, toples juga sebaiknya ditiriskan atau diangin-anginkan hingga benar-benar kering. Toples yang lembab akan memudahkan kue kering jadi melempem dan bahkan berjamur.

4. Jaga kelembapan toples

Setelah toples sudah dipilih, dibersihkan, dan dikeringkan, toples akan siap untuk diisi kue kering. Agar kue lebih tahan lama renyahnya, anda harus menjaga kelembaban toplesnya. Seperti kue-kue kering yang dijual bebas, biasanya kita menemukan bungkusan kecil silica gel di dalamnya. Cara praktis untuk membuat pengganti silica gel adalah dengan membungkus 1 sdt garam dalam kain bersih ukuran kecil. Taruh bungkusan garam ke dalam toples. Kelembapan toples pun pasti akan terjaga.

5. Simpan di tempat yang sejuk

Langkah terakhir yang tak kalah penting: simpan toples kue anda di tempat yang sejuk, kering, dan tidak terkena paparan langsung sinar matahari agar tidak mudah lembap.

Toples yang baik tidak hanya memiliki bentuk yang cantik tapi juga berkualitas baik dan bisa menyimpan kue kering agar enak lebih lama. Jangan lupa pastikan kue yang akan anda tata dalam toples sudah benar-benar dingin, ya, jika membuatnya sendiri.

Sumber:https://resepkoki.id/5-cara-memilih-toples-untuk-kue-kering/

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Memilih Toples Untuk Kue Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel