5 Cara Agar Tidak Ada Makanan yang Terbuang Sia-Sia


Tips berikut yang sudah berhasil saya terapkan sendiri di rumah.

1. Buat perencanaan memasak

Sepintas membuat perencanaan memasak ini terlihat sepele, tapi ternyata bisa sangat membantu anda dalam menekan biaya pengeluaran, lho. Dengan daftar ini, anda bisa menghindari membeli bahan makanan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Anda juga bisa mengatur bahan apa saja yang sebaiknya dibeli untuk stok atau yang dibeli untuk sekali pakai. Jadi anda bisa terhindar dari bahan makanan yang busuk karena disimpan terlalu lama.

2. Hindari mencuci bahan makanan sebelum disimpan

Menyimpan bahan makanan untuk stok itu sah-sah saja, selama bahan tersebut memang tahan lama. Tapi jangan sekalipun anda mencuci bahan makanan yang akan disimpan, karena biasanya justru bahan tersebut akan cepat busuk. Cucilah bahan makanan hanya saat akan digunakan saja.

3. Perhatikan masa pakai bahan makanan

Setiap makanan memiliki masa pakai masing-masing. Ada yang tahan lama, ada juga yang cepat busuk. Untuk menghindari terbuangnya makanan, sebaiknya anda menyimpan makanan yang hampir basi atau mulai busuk di tempat paling depan yang mudah diraih. Sebaliknya, makanan yang masa pakainya masih lama bisa anda simpan di bagian belakang.

4. Simpan dalam freezer

Selain untuk membekukan makanan, freezer juga bisa anda manfaatkan untuk mengawetkan beberapa bahan makanan seperti frozen food, daging segar, sayur, buah, bahkan makanan matang. Hampir semua makanan yang disimpan dalam freezer akan punya masa simpan dan pakai yang lebih lama dibanding makanan yang disimpan di chiller atau suhu ruang.

5. Kemas makanan yang sudah matang dengan baik

Makanan yang sudah diolah biasanya lebih rentan basi saat terkena udara. Karena itu, penting sekali bagi anda untuk memperhatikan wadah yang digunakan untuk menyimpan makanan. Selalu pilih wadah yang benar-benar kedap udara untuk menyimpan makanan yang sudah diolah, agar risiko makanan dihinggapi bakteri atau tercemar udara menjadi sedikit berkurang.

Dengan menerapkan poin di atas, maka anda bisa meminimalisir makanan yang terbuang sia-sia. Dalam jangka panjang, anda juga bisa menghemat biaya pengeluaran dan mengalokasikannya untuk kebutuhan yang lain.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-agar-tidak-ada-makanan-yang-terbuang-sia-sia-food-waste/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Agar Tidak Ada Makanan yang Terbuang Sia-Sia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel