Apa Bedanya Tepung Sagu Dengan Tepung Tapioka dan Kegunaannya


Mungkin anda juga bingung dalam membedakan kedua tepung tersebut. Memang dari tampilan sedikit sulit untuk membedakannya. Tapi kedua tepung ini jelas sekali berbeda. Yuk, simak ciri dan perbedaannya di bawah ini, supaya tidak salah pakai.

1. Bahan asal

Tepung sagu dan tapioka sama-sama kategori ‘pati’ yang berarti bebas gluten. Cocok dikonsumsi bagi yang berdiet gluten-free ataupun menderita celiac disease. Meski mirip, perlu diingat bahwa keduanya berasal dari bahan yang berbeda.

Tepung sagu terbuat dari pohon sagu, sementara tepung tapioka terbuat dari singkong. Tepung sagu adalah hasil proses pengeringan dari endapan bagian tengah pohon sagu yang sebelumnya telah dihaluskan dan dicampur air. Sedangkan tepung tapioka atau tepung kanji adalah hasil pengeringan dari pati singkong.

2. Kenampakan

Tepung sagu memiliki warna putih susu dengan tekstur yang garing dan kesat. Sedangkan tepung tapioka berwarna putih bersih dengan tekstur yang licin.

3. Kegunaan dalam masakan

Tepung sagu dan tapioka sama-sama berfungsi untuk memberikan tekstur kenyal pada olahan basah dan tekstur renyah pada olahan kering.

Tepung sagu biasa digunakan dalam adonan pempek, bakso, siomay, kue sagu keju, dan selendang mayang. Sementara itu, tepung tapioka sering digunakan untuk membuat cireng, kerupuk, rempeyek, dan ronde. Karena warnanya bening, tepung tapioka juga sering dijadikan bahan pengental dalam aneka tumisan.

4. Kondisi di pasaran



Harga tepung sagu relatif lebih mahal dibandingkan tepung tapioka/kanji. Jika anda membutuhkan tepung sagu dalam memasak, tepung sagu Merbabu Sagu Tani bisa dijadikan pilihan. Merbabu Sagu Tani memiliki kualitas yang baik, cocok dijadikan campuran untuk menghasilkan gorengan yang renyah dan garing.

Tepung tapioka bernilai lebih ekonomis dan mudah didapatkan. Mulai dari kemasan curah tanpa label hingga dalam kemasan bermerek seperti Rose Brand, Cap Tani, Gunung Agung, dan Cincin Mas.

Karena sifat-sifatnya di atas, tepung tapioka/kanji sering digunakan sebagai pengganti tepung sagu. Namun tetap saja ada beberapa olahan yang memiliki hasil terbaik bila memakai tepung sagu seperti kue sagu keju dan pempek. Jadi kembali lagi, sesuaikan jenis tepung dengan olahan yang akan anda buat, ya

Sumber:https://resepkoki.id/apa-bedanya-tepung-sagu-vs-tepung-tapioka-dan-kegunaannya/

Belum ada Komentar untuk "Apa Bedanya Tepung Sagu Dengan Tepung Tapioka dan Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel