Apa Bedanya Daun Pandan Dengan Daun Suji dan Kegunaannya


Apakah anda tahu pasti perbedaan kedua daun tersebut? Bukan hanya dalam hal fisik, keduanya pun punya kegunaan masing-masing. Langsung yuk cek penjelasannya di bawah ini.

1. Kenampakan

Daun pandan berciri utama yaitu daun yang memanjang, runcing, berwarna hijau muda, dan mengkilap, serta memiliki tulang daun di tengahnya. Untuk daun pandan yang sudah tua, terdapat gerigi tajam di bagian tepinya, yang harus diserut sebelum digunakan agar tidak melukai kulit. Sementara itu, daun suji berwarna hijau tua gelap dengan bentuk daun yang lebih ‘meliuk’ bulat dan tidak memiliki tulang daun di tengah.

2. Fungsi utama

Fungsi utama dari daun pandan adalah sebagai flavouring atau pemberi citarasa tanpa efek warna. Sebenarnya daun pandan ini juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan alami (berasal dari endapan ekstraknya), hanya saja warnanya hijau pucat dan kurang cantik. Lain halnya dengan daun pandan, daun suji mampu menghasilkan warna hijau yang pekat dan kuat namun tidak menyumbangkan aroma atau rasa sama sekali.

3. Kegunaan dalam masakan

Karena rasanya yang lembut dan aromanya yang sangat harum, daun pandan ini sering digunakan dalam pembuatan bubur manis seperti bubur sumsum dan candil, kolak, serta minuman tradisional seperti bandrek, es cincau, dan es kacang merah. Daun pandan juga sering digunakan sebagai garnish karena bentuknya yang cantik jika dipotong berbentuk huruf V atau serong tipis. Sedangkan untuk daun suji, masyarakat paling sering menggunakannya sebagai pewarna alami pada aneka jajanan pasar atau kue tradisional seperti dadar gulung, pisang ijo, klepon, dan cendol.

Sumber:https://resepkoki.id/apa-bedanya-daun-pandan-vs-daun-suji-dan-kegunaannya/

Belum ada Komentar untuk "Apa Bedanya Daun Pandan Dengan Daun Suji dan Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel