Cara Belanja Kelapa Untuk Berbagai Kebutuhan


Namun tidak semua kelapa bisa dibuat jadi santan, lho. Oleh karena itu, kita perlu jeli dan tahu untuk apa kelapa tersebut ya, soalnya ada juga kelapa parut yang biasa digunakan untuk taburan makanan atau topping. Tapi tak perlu bingung, simak saja tips berikut ini, yuk!

Kelapa untuk santan

Kalau mau buat masakan yang bersantan seperti rendang dan nasi uduk, pilih kelapa segar yang sudah tua. Cirinya, warna batok terlihat coklat dan keras. Kalau anda angkat, kelapa akan terasa berat dan tak terdengar suara air saat diguncangkan. Kelapa tua terasa berat karena airnya sudah diserap oleh daging kelapa, sehingga lebih banyak mengandung minyak. Nah kalau diparut dan diperas, kelapa tua ini akan mengeluarkan banyak santan.

Selain dijadikan santan, kelapa tua juga cocok untuk dibuat jadi serundeng. Intinya, kelapa tua cocok sebagai bahan masakan yang akan diolah atau dimasak lagi.

Kelapa untuk taburan kue dan urap

Kebalikan dari santan, kelapa untuk dua kebutuhan ini harus pakai yang agak muda. Cari yang tekstur kulitnya masih lunak dan terdengar suara air ketika diguncangkan. Kelapa muda memiliki tekstur daging yang manis dan lembut, sehingga cocok dimakan langsung seperti untuk taburan kue atau urap.

Selain ciri di atas, perhatikan juga aroma kelapa. Jangan pilih yang bau tengik atau tercium bau asam, karena kelapa tersebut sudah tidak segar lagi. Nah setelah dibeli, bagaimana cara memproses kelapa tersebut? 
  • Untuk kelapa tua, kupas dan parut membujur. Peras parutan dan santan siap dipakai. Sebaiknya peras santan jika langsung masak, ya, agar keadaannya benar-benar segar.
  • Untuk kelapa muda, kupas dan parut arah memanjang.


Sumber:https://resepkoki.id/tips-belanja-kelapa-untuk-berbagai-kebutuhan/

Belum ada Komentar untuk "Cara Belanja Kelapa Untuk Berbagai Kebutuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel