Cara dan Tips Membuat Kaldu Bubuk

Ada satu resep kaldu bubuk homemade dari Ndaru Gendis Sintha yang menurut saya perlu dicoba. Cara membuat kaldu bubuk itu tidak sama seperti kaldu cair, ya. Bahan-bahan untuk kaldu bubuk perlu dihaluskan dulu, dan selanjutnya harus melalui tahap pengeringan. Hasilnya? Kaldu homemade ini bisa diadu dengan kaldu kemasan! Nah penasaran gimana cara dan tipsnya agar kaldu terasa lebih enak? Check this out!

1. Pilih daging yang tepat

Ada dua jenis kaldu bubuk yang beredar di pasaran, yakni kaldu ayam dan kaldu sapi. Untuk kaldu ayam, pakai daging ayam tanpa kulit seperti dada ayam. Sedangkan untuk kaldu sapi, pakai daging yang empuk, tak banyak seratnya, dan tanpa lemak. Potong atau cacah daging agar ukurannya lebih kecil dan lebih mudah dihaluskan nantinya.

2. Tambahkan bahan-bahan pendukung lainnya

Biarpun namanya kaldu rasa ayam atau sapi, sebetulnya bahan pembuatannya tak hanya daging saja. Kalau anda lihat di kemasan kaldu, ada aneka bahan pendukung yang dimasak dengan daging seperti wortel, kentang, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah. Yup, seperti sop ayam atau sop daging. Anda bisa tambahkan bahan-bahan tersebut untuk menguatkan rasa kaldu bubuk, lho.

Potong bahan-bahan tersebut jadi ukuran kecil, lalu masukkan bahan-bahan tersebut beserta daging yang sudah dipotong kecil dalam blender atau food processor. Blender semua bahan tersebut hingga halus dan tercampur rata.

3. Sangrai bahan yang sudah dihaluskan

Sangrai campuran bahan yang sudah dihaluskan dengan api kecil-sedang. Tak perlu pakai minyak karena kita hanya akan sedikit mematangkan campuran bahan tersebut agar tak berbau mentah, juice dagingnya hilang, dan tidak langu. Aduk terus hingga adonan mengering dan angkat dari wajan. Ingat, jangan sampai gosong ya karena tentu akan mempengaruhi rasa kaldu bubuk nantinya.

4. Pastikan kaldu benar-benar kering dan bertekstur bubuk

Langkah terakhir adalah proses pengeringan. Setelah disangrai, tata campuran bahan kaldu yang sudah cukup kering dalam loyang kue yang datar, lalu panggang dalam oven suhu 160-170 (tergantung masing-masing oven, ya) api atas-bawah selama 30 menit. Jangan lupa untuk mengaduknya hingga terpanggang merata. Ketika sudah 30 menit, keluarkan dari oven dan blender lagi hingga halus.


Proses ini perlu dilakukan secara kontinu hingga tekstur kaldu bubuknya benar-benar kering. Dengan tekstur kering, kaldu bubuk homemade akan lebih awet. Kalau sudah pas, dinginkan dalam suhu ruang lalu masukkan dalam wadah kedap udara dan kering.

Sumber:https://resepkoki.id/cara-tips-buat-kaldu-bubuk-homemade/

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Tips Membuat Kaldu Bubuk "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel