Cara dan Tips Membuat Keju Mozarella


1. Persiapkan bahan-bahan

Keju mozarella buatan sendiri ini mirip dengan mozarella yang dijual di toko. Menurut saya, keju ini adalah jenis KW super-nya. Sebab, tekstur keju ini mudah leleh saat dipanaskan dan rasanya ngeju .

Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah dan mudah didapat, yaitu keju cheddar, susu cair full cream tawar, dan tepung sagu / tapioka. Nah, tepung sagu / tapioka juga bisa mengenyalkan tekstur keju mozarella.

2. Panaskan susu cair dan tepung


Takaran susu cair dan keju cheddar adalah 5: 3. Jadi kalau kamu pakai 300 ml susu, maka gunakanlah 180 gram keju cheddar. Langkah pertama, serut keju cheddar secukupnya. Siapkan panci, lalu tuang susu cair dan tepung tapioka / sagu. Jika Anda pakai 300 ml susu, maka tuang 2 sdm tapioka. Aduk hingga tepungnya larut dan nyalakan api. Panaskan dengan api yang sangat kecil (hampir mati).

Gunakan OEM Whisk untuk mengaduk jika ingin mendapatkan adonan keju mozarella yang halus, sempurna, dan tidak bergerindil.

3. Masukkan keju dan aduk hingga kental

Masukkan keju yang sudah diparut secara panjang. Tetap aduk larutan susu dan tapioka saat memasukkan keju agar tidak menggumpal. Saat keju sudah masuk semua, aduklah adonan tersebut hingga kejunya larut dan teksturnya kental. Kurang lebih selama 10-20 menit.

4. Tuang ke wadah dan simpan freezer

Setelah mengental, matikan api dan diamkan adonan keju tersebut hingga dingin (suhu ruang). Tuang adonan keju ke dalam wadah kering dan isi dalam freezer. Jika sudah agak mengeras, keluarkan dari freezer dan potong-potong sesuai selera. Anda bisa langsung memakainya untuk memasak, deh !


Gampang sekali, kan ? Selain praktis, resep ini juga bisa dijelaskan. Namun jika Anda ingin mozarella leleh yang bisa ditarik alias ngaret , keju ini tak begitu elastis. Namun rasanya enak diadu dan cocok untuk pizza , bitterballen , makaroni schotel , dan lasagna panggang .

Sumber:https://resepkoki.id/cara-dan-tips-membuat-keju-mozarella-homemade/

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Tips Membuat Keju Mozarella "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel