Cara Membersihkan Botol dan Jar Kaca Agar Tak Kusam


Toples dan jar kaca juga rentan dihinggapi bakteri, sehingga butuh penanganan khusus untuk membersihkannya. Tapi tenang saja, dengan cara yang tepat, anda bisa kok membersihkannya dengan mudah. Yuk, disimak caranya ini.

1. Bersihkan menggunakan air dan sabun

Membersihkan perabot dapur dengan air saja memang tak cukup, apalagi perabot tersebut terbuat dari kaca. Pastikan untuk selalu mencuci botol dan jar kaca menggunakan air dan sabun agar lebih bersih dan kuman yang menempel mati. Agar hasil yang didapat lebih maksimal, gunakan sikat berkaki panjang yang bisa menjangkau seluruh area botol dan jar kaca. Jika anda tidak punya sikat berkaki panjang, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan spons yang diikat pada sumpit atau batang kayu.

2. Gunakan baking soda

Jika toples dan jar kaca masih kusam bahkan setelah dicuci menggunakan sabun, anda bisa mencoba memakai baking soda. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu merendam toples dan jar kaca dalam larutan baking soda dan air hangat selama beberapa saat. Setelah itu, bilas di air mengalir dan terakhir bersihkan kembali dengan air hangat.

3. Gunakan jeruk nipis

Botol dan jar kaca anda memiliki bau tak sedap? Maka jeruk nipis solusinya. Caranya isi botol dan jar kaca anda dengan air hangat, lalu tambahkan irisan jeruk nipis. Tutup, lalu kocok jar. Simpan di dalam lemari es selama semalam dan bersihkan keesokan harinya. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda juga bisa menambahkan irisan mentimun saat proses perendaman.

4. Sterilkan botol dan jar


Untuk memastikan botol dan jar kaca anda benar-benar bebas kuman dan bakteri, sesekali anda perlu menstrerilkannya dengan cairan sterilisasi yang bisa anda beli di apotek. Jika tidak sempat membeli cairan sterilisasi, anda juga bisa kok merebus botol dan jar kaca di dalam air mendidih. Atau jika anda ingin lebih praktis, anda juga bisa memasukkan botol dan jar kaca ke dalam oven setelah dicuci. Pastikan suhunya 110° C ya.

sumber:https://resepkoki.id/tips-membersihkan-botol-dan-jar-kaca-agar-tak-kusam/

Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan Botol dan Jar Kaca Agar Tak Kusam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel