4 Ciri Adonan Ulenan Telah Kalis Sempurna


Lalu, bagaimanakah ciri adonan yang benar-benar memiliki tekstur baik untuk dimasukkan ke dalam oven? Yuk, simak  ciri-cirinya di bawah ini!

1. Adonan bersifat elastis

Adonan akan menjadi elastis seperti karet saat ditarik. Adonan elastis ini dapat membuat adonan mengembang sempurna. Untuk mengeceknya, ambillah adonan lalu tarik sepanjang mungkin. Jika adonan tidak sobek walau ditarik panjang berarti ia siap untuk dipanggang.

2. Tidak lengket di tangan

Tanda ini adalah cara paling mudah untuk menentukan apakah adonan sudah kalis. Awalnya mungkin adonan yang anda buat masih bertekstur kasar dan lengket di tangan, namun setelah melewati 10 menit pengulenan pastinya adonan tersebut tidak akan mudah menempel lagi. Teksturnya juga licin dan lembut, serta mengkilap.

3. Angkat adonan dan jatuhkan

Jika anda masih ragu, cobalah uji adonan tersebut dengan membentuknya seperti bola. Setelah itu, angkat adonan dan jatuhkan ke atas meja datar ataupun wadah yang anda gunakan saat membuatnya. Setelah dijatuhkan, lihat apakah bentuk bola masih sama atau tidak. Jika ya, berarti adonan tersebut sudah kalis dan siap untuk dipanggang. 

4. Pukul adonan

Cubitlah kecil-kecil setiap bagian adonan. Jika siap digunakan dan sudah kalis, adonan akan terasa empuk, kenyal, dan kencang


Begitulah ciri-ciri adonan yang telah kalis sempurna. Teknik mengulen yang paling manjur pastinya seperti ketika kita mencuci baju: ditarik dan lipat ke arah dalam. Mengulen dengan tangan memang melelahkan, tapi hasil kue yang enak pasti akan membayar semua jerih payah anda. Jika punya, anda juga bisa menggunakan mixer heavy duty untuk mengulen adonan hingga kalis sempurna.

sumber:https://resepkoki.id/4-ciri-adonan-ulenan-telah-kalis-sempurna/

Belum ada Komentar untuk "4 Ciri Adonan Ulenan Telah Kalis Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel