Cara Membuat Sirup Vanili Di Rumah


Penambahan sirup vanili dalam sop buah membuat dessert ini semakin beraroma wangi. Namun pada dasarnya, sirup vanili juga memberikan rasa manis yang khas pada aneka minuman dan pencuci mulut seperti es kelapa muda, es oyen, silky pudding, hingga berbagai minuman squash. Bahkan tak hanya itu, sirup ini juga bisa dituangkan ke menu sarapan seperti kopi, teh, waffle, dan pancake.

Tak perlu beli sirup kemasan yang cukup mahal, buat saja versi homemade-nya dengan langkah-langkah berikut!

Bahan-bahan sirup vanili

Sebetulnya, vanila itu rasanya tidak manis lho. Rempah ini hanya menyumbang rasa khas dan aroma wangi saja. Rasa manis itu datang dari larutan gula dalam air, yang aslinya memang jadi bahan baku pembuatan sirup.

Untuk pembuatan sirup vanili, kita membutuhkan air, gula, dan vanili. Untuk rasa vanili yang khas, pakai batang vanili (vanilla pod) yang bisa didapatkan di supermarket atau toko bahan kue. Harganya memang cukup mahal, jadi sebagai alternatif anda bisa pakai ekstra vanili. Harganya lebih terjangkau dan mudah ditemui di pasaran, tapi hati-hati karena ada beberapa merk ekstrak vanili yang beralkohol. Selain itu, rasa dan aromanya tak akan sekuat batang vanili asli.

Langkah-langkah pembuatan

Saya jamin, membuat sirup vanili itu mudah sekali. Langkah-langkahnya sangat sederhana dan pasti bisa anda lakukan di rumah. Peralatan masaknya hanya butuh pisau, telenan, panci, kompor, saringan, dan toples/botol untuk menyimpan sirup. Langsung saja simak langkahnya berikut ini. 
  • Kalau pakai batang vanili, belah menjadi dua secara melintang. Sisihkan dulu.
  • Masukkan gula dan air dalam panci. Kerok biji batang vanili dengan pisau lalu masukkan ke dalam panci beserta batangnya.
  • Nyalakan api sedang dan aduk hingga gula larut. Didihkan hingga meletup-letup selama 5 menit lalu angkat. Jangan lupa untuk mengangkat batang vanili dari panci, ya.
  • Dinginkan sirup vanili dalam suhu ruang.
  • Bagi anda yang memakai ekstrak vanili, tuang ekstrak secukupnya ketika sirup sudah dingin. Aduk hingga tercampur merata.
  • Tuang sirup vanili ke dalam toples atau botol yang bersih, kering, dan kedap udara. Simpan dalam kulkas dan gunakan sebelum 2 minggu.


Simple dan mudah banget, kan? Sirup vanili ini praktis digunakan kapanpun, terutama saat menjamu minuman untuk tamu di rumah.

Sumber:https://resepkoki.id/cara-membuat-sirup-vanili-homemade/

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Sirup Vanili Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel