Cara Mudah Melelehkan Cokelat dengan Benar


Langkah pertama untuk berkreasi dengan cokelat adalah dengan cara melelehkannya. Ternyata susah-susah gampang lho tahap ini. Kalau caranya salah, cokelat justru menggumpal, tidak bisa mengeras sempurna atau malah jadi gosong. Jadi, yuk kita bahas tips melelehkan cokelat dengan benar berikut ini.

1. Serut cokelat dengan pisau atau potong menjadi kecil-kecil

Sebelum melelehkan cokelat, jangan simpan cokelat di kulkas. Karena cokelat akan lebih susah meleleh. Jika sudah terlanjur disimpan di kulkas, keluarkan dulu lalu biarkan beberapa jam di suhu ruangan sampai cokelat tidak dingin lagi. Serut cokelat dengan pisau, potong menjadi beberapa bagian kecil atau parut cokelat dengan parutan keju, supaya nantinya cokelat gampang leleh.

2. Melelehkan cokelat dengan metode tim


Cokelat biasanya dilelehkan dengan cara ditim. Siapkan panci kecil yang diisi air kira-kira setengahnya. Masak hingga airnya panas. Masukkan cokelat yang sudah menjadi bagian-bagian kecil tadi ke dalam mangkuk kaca tahan panas, seperti Pyrex Mixing Bowl (lihat di Lazada DISKON) yang terbuat dari material kaca tebal, kuat, serta aman untuk memasak.

Letakkan mangkuk cokelat di dalam panci tadi. Usahakan tinggi mangkuknya sama atau melebihi bagian atas pancinya, ya. Aduk terus sampai cokelatnya leleh dengan api sedang. Jaga jangan sampai airnya mendidih dan uap airnya naik serta masuk ke dalam mangkuk cokelat. Sebab, uap air ini bisa membuat cokelatnya jadi menggumpal. Jika terlanjur kena air, tambahkan sedikit mentega saat dilelehkan kembali.

3. Jenis cokelat mempengaruhi pemasakan

Beda cokelat, beda pula api yang dipakai untuk melelehkannya. Khusus dark dan milk cokelat, lelehkan menggunakan api sedang. Sementara cokelat putih atau cokelat berwarna, lelehkan di atas api kecil.

Segera cetak cokelat yang sudah dilelehkan agar bentuknya bagus. Kalau cokelatnya kembali mengeras, lelehkan ulang seperti langkah-langkah di atas. Setelah dicetak, simpan cokelat beberapa saat di kulkas dulu, baru dibungkus dengan kertas alumunium supaya tidak gampang meleleh.

4. Berkreasi dengan mencampurkan cokelat bersama bahan-bahan lain

Nah, buat yang suka bikin kreasi dari cokelat kayak cornflakes cokelat dan kacang cokelat, tambahkan bahan tersebut setelah cokelat meleleh, terus aduk sambil tetap di atas kompor menyala, ya. Supaya cornflakes-nya nggak melempem, masukkan dulu cornflakes di kulkas sebelum dicampurkan ke cokelat. Untuk kacang, sangrai dulu kacang lalu kupas kulit arinya sebelum dimasukkan ke dalam cokelat.

Cokelat juga bisa ditambahkan susu atau mentega biar lebih lembut. Caranya, hangatkan dulu susu atau menteganya, baru campurkan sedikit-sedikit di cokelat yang sudah meleleh sambil tetap diaduk di atas api kecil. Tapi cokelat yang sudah dicampur susu atau mentega akan memilih tekstur yang lebih lembek dan sulit mengeras. Jadi cokelat campuran ini pas banget dipakai untuk topping atau isian cake.

Ingin bikin cokelat warna warni? Kalau mau buat cokelat seperti itu, campurkan sedikit pewarna makanan yang berbahan dasar minyak ke dalam cokelat putih yang sudah meleleh.


Khusus anak kost-an yang nggak punya kompor dan cuma punya rice cooker, tetap bisa bikin cokelat, kok! Rice cooker bisa dipakai untuk mengetim cokelatnya. Caranya, nyalakan rice cooker dengan mode atau setelan cooking, lalu masukkan cokelat yang sudah dipotong-potong kecil dan aduk terus sampai meleleh. Selain itu, bisa juga dengan cara lain namun tetap pakai rice cooker. Yaitu masukkan potongan cokelat ke dalam plastik yang ditali rapat, lalu masukkan plastik cokelat tadi ke dalam air yang sudah didihkan di dalam rice cooker. Rendam cokelat sampai meleleh tapi tetap pastikan tidak ada air yang masuk ke dalam plastiknya, ya.

Sumber:https://resepkoki.id/cara-mudah-melelehkan-coklat-dengan-benar/

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Melelehkan Cokelat dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel