Hindari Makanan Ini Agar Tidak Ngantuk Dan Juga Lelah Saat Mudik


Mudik atau melakukan perjalanan pulang kampung saat menjelang Idul Fitri adalah hal yang sering dilakukan banyak orang meskipun saat bulan puasa. Memang berpuasa bukanlah hal yang dapat menghalangi semangat untuk mudik demi bertemu keluarga tercinta. Tapi kondisi tubuh yang lebih mudah lelah menjadi tantangan utama saat mudik. Waktu tempuh perjalanan saat mudik tentunya akan jadi lebih lama karena pengguna jalanan yang juga membludak.

Jenuh, ngantuk, lapar, dan lelah jadi tak terhindarkan. Agar tidak mudah mengantuk dan lelah saat mudik, anda bisa mensiasatinya dari makanan yang dikonsumsi saat sahur atau bekal saat di perjalanan. Yuk, kita bahas apa saja makanan tersebut.

1. Bagi yang berpuasa

Saat sahur anda harus menghindari makanan berikut ini.

Gula

Tahukah anda kalau gula mengandung glukosa sederhana yang dapat membuat tubuh lebih mudah mengantuk? Jadi, hindari penggunaan gula berlebih apalagi yang mengandung pemanis buatan seperti sirup. Minuman manis dapat anda konsumsi saat berbuka puasa, tapi tidak berlebih, ya!

Nasi putih

Mengonsumsi nasi putih memang dapat membuat kita cepat kenyang tapi kadar gulanya yang tinggi dapat membuat tubuh lebih cepat lapar, lelah, dan mengantuk. Pilihlah nasi merah yang dapat membuat anda lebih lama kenyang.

Gorengan

Kandungan lemak di dalam gorengan membuat metabolisme tubuh berjalan lambat sehingga mudah mengantuk. Apalagi bila sedang kurang fit, gorengan malah bisa membuat sakit tenggorokan. Sediakan pengganti gorengan seperti roti, lemper, dan lontong.

Makanan bersantan

Selain dikhawatirkan cepat basi saat dibawa di perjalanan, santan juga  mengandung banyak lemak yang sulit dicerna tubuh. Hal ini akan membuat tubuh lebih mudah lelah dan haus saat puasa.

Sayur kol dan buah nangka

Mengkonsumsi sayuran memang dianjurkan saat sahur namun kol dan nangka punya kandungan gas tinggi yang bisa membuat perut anda jadi tidak nyaman, perih, hingga kembung. Sebaiknya pilih sayuran seperti mentimun untuk bekal di perjalanan. Selain murah, mentimun juga memiliki sensasi segar saat dimakan dan tidak mudah layu. Untuk buah, pilih buah yang praktis seperti jeruk manis, pisang, dan apel.

Minuman berkafein

Hayo, siapa yang sering minum minuman berkafein seperti kopi dan teh saat di perjalanan? Meskipun bisa mengurangi kantuk, minuman tersebut juga dapat membuat perut jadi tidak nyaman seperti soda. Selain itu, kandungan kafein akan membuat kita jadi sering berkemih.  Apalagi dalam kondisi kendaraan yang selalu terpapar AC.

2. Bagi yang tidak berpuasa dan anak-anak

Meskipun tidak berpuasa, makanan-makanan seperti yang sudah dibahas harus tetap dihindari agar tidak mudah lelah dan ngantuk sepanjang perjalanan. Selain itu ada makanan lain yang sebaiknya juga anda hindari.

Cemilan Asin

Ngemil saat di perjalanan memang enak dan dapat menghilangkan rasa bosan. Apalagi bagi anak-anak. Tapi jika anda mengkonsumsi terlalu banyak cemilan asin seperti keripik dan snack-snack lainnya yang memiliki kandungan tinggi garam, maka akan menyebabkan tubuh lebih cepat dehidrasi. Pilihlah kacang sehat atau biskuit gandum untuk cemilan di jalan.

Minuman Bersoda

Selain tidak nyaman di perut, minuman bersoda juga memiliki kandungan gula yang tinggi yang membuat tubuh mudah lelah. Lebih baik sediakan air putih dan buah berkadar air yang tinggi seperti semangka dan melon yang sudah dipotong-potong sebelumnya.

Makanan Pedas

Makanan yang pedas bisa merangsang anda jadi maag, sakit perut, bahkan mulas di perjalanan. Nah, nggak lucu, kan, kalau nantinya anda harus sering berhenti untuk mencari toilet terdekat? Oleh karena itu, hindari makanan yang pedas meskipun makanan tersebut sering menjadi favorit dan membuat mata anda ‘segar’ kembali.

Permen Karet


Permen memang bisa menghilangkan rasa mual sekaligus ngantuk di perjalanan, tapi sebisa mungkin hindari mengonsumsinya. Proses pengunyahan yang berulang kali dapat membuat perut lebih mudah kembung karena banyaknya udara yang masuk. Lebih baik pilih permen mint atau permen buah dengan rasa yang segar.

Sumber:https://resepkoki.id/hindari-makanan-ini-agar-tidak-ngantuk-lelah-saat-mudik/

Belum ada Komentar untuk "Hindari Makanan Ini Agar Tidak Ngantuk Dan Juga Lelah Saat Mudik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel