Mari Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Kunyit


Meskipun begitu, kunyit banyak digunakan sebagai bumbu untuk memperkaya rasa, pewarna alami makanan, hingga bahan utama seperti minuman jamu kunyit asam. Saking seringnya dipakai, tentunya rempah ini perlu jadi stok di dapur ya. Namun sudah tahu cara memilih dan menyimpannya? Simak di bawah ini yuk.

Memilih kunyit secara tepat

Ada dua jenis kunyit di pasaran, yakni kunyit segar (utuh) dan bubuk kunyit. Soal rasa, tentunya kunyit segar jauh lebih kuat dari bubuk.

Supaya mendapatkan yang segar, pilih kunyit yang berumur tua, besar, dan padat cenderung keras. Hindari kunyit yang lunak ketika ditekan, mudah patah ketika dibengkokkan, lembap, dan terdapat bagian busuk. Biasanya kunyit tersebut sudah berumur terlalu tua.

Menyimpan kunyit agar awet

Sama seperti jahe, kunyit utuh rentan busuk atau bertunas jika disimpan sembarangan. Setelah beli, masukkan kunyit utuh dalam plastik ziplock atau wadah kedap udara. Letakkan di tempat kering dan gelap, bisa di rak dapur atau kulkas. Dengan cara ini, kunyit utuh akan tetap segar selama 1-2 minggu.

Untuk penyimpanan bubuk kunyit, pastikan untuk meletakkannya jauh dari paparan sinar matahari atau kompor. Sebab, kualitas bubuk kunyit dapat berubah serta menjadi lembap. Nah pada umumnya, bubuk kunyit dikemas dalam wadah bersegel (biasanya yang ini bermerk) dan ada pula yang dikemas dalam kantong plastik. Agar lebih awet, pindahkan bubuk kunyit dalam kantong plastik ke wadah kedap udara dan kering.

Masa awet bubuk kunyit dapat disesuaikan dengan tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Kalau tak ada, lebih baik pakai bubuk kunyit sebelum 1 bulan.

Mengolah kunyit


Untuk mengurangi rasa pahit kunyit, anda bisa membakarnya sebentar di atas api kompor. Tusuk kunyit dengan garpu, lalu putar di atas api kompor hingga aromanya keluar. Setelah itu, kunyit utuh bisa dipotong, dihaluskan dan/atau diparut untuk diolah menjadi aneka masakan seperti kari, gulai tunjang (kikil), cakalang fufu pampis, kalio ayam, ayam betutu, atau buat campuran stok bumbu halus kuning.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-memilih-menyimpan-dan-mengolah-kunyit/

Belum ada Komentar untuk "Mari Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Kunyit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel