6 Manfaat Lemon Di Dapur Untuk Anda


Namun tahukah anda bahwa buah berkulit kuning ini punya segudang manfaat? Tak hanya sebagai bahan atau bumbu masakan, tapi juga manfaat-manfaat lain yang mendukung proses memasak. Apa saja? Langsung scroll ke bawah ya!

1. Hilangkan bau tak sedap.

Manfaat yang satu ini pastinya sudah sering dilakukan ya. Lemon mengandung asam yang mampu mengusir bau amis dan aroma lain yang kurang sedap. Cukup peras lemon dan lumuri pada daging, bebek, ikan, jeroan, seafood, dan lainnya dalam proses marinasi. Diamkan beberapa saat dan bahan masak apapun akan bebas amis!

2. Empukkan daging.

Selain menghilangkan bau amis, lemon juga ampuh untuk mengempukkan daging yang alot seperti daging sapi, kambing, cumi segar, dan sebagainya. Caranya tidak jauh beda dengan proses marinasi, yakni peras jeruk lemon dan lumuri atau rendam bahan alot pada air perasan lemon. Setelah itu, simpan dalam kulkas selama beberapa jam.

3. Bersihkan perkakas dan alat masak.

Faktanya, ada alat masak yang sebetulnya tak boleh sering dicuci dengan sabun cuci piring misalnya teflon. Oleh karena itu dipakailah bahan-bahan alami untuk membersihkan perkakas atau alat masak tersebut, dan salah satunya adalah lemon. Bersihkan berbagai perkakas seperti teflon dan perkakas kayu dengan air perasan lemon, setelah itu cuci dengan air bersih dan tiriskan. Selain membersihkan aroma tak sedap, air jeruk lemon juga bisa menghilangkan karat pada wajan atau loyang lho.

4. Hilangkan noda kunyit dan bau bawang di tangan.

Entah memarut kunyit atau memotong bawang, pasti ada noda atau bau yang tertinggal di tangan. Dengan air perasan jeruk lemon, kita bisa mengusahakan noda-noda tersebut supaya lenyap dari tangan. Untuk noda kunyit, peras jeruk lemon dan campurkan airnya dengan baking soda. Setelah jadi pasta, lumuri bagian tangan atau kuku yang terkena noda kuning. Nah kalau bau bawang, cukup peras lemon dan lumuri airnya pada tangan anda.

5. Menyimpan buah potong agar tetap segar dan tidak browning.

Mau bawa bekal apel atau pir potong, tapi takut browning? Tak perlu bingung karena buah lemon siap membantu! Asam yang terkandung dalam lemon dapat menghambat oksidasi dan menjaga buah tetap renyah. Caranya, rendam buah potong dalam larutan air dan air perasan jeruk lemon. Simpel kan?

6. Mengurangi rasa pedas di mulut.


Kalau makan oseng mercon, pasti rasa pedasnya awet di lidah ya. Untuk meredakannya, sediakan air perasan lemon saja. Rasa asam yang cukup kuat dapat menggantikan rasa pedas. Apalagi kalau dicampur air hangat dan sedikit gula, jadilah lemonade hangat yang pas sekali untuk menutup makan-makan pedas anda.

Sumber:https://resepkoki.id/6-manfaat-lemon-di-dapur/

Belum ada Komentar untuk "6 Manfaat Lemon Di Dapur Untuk Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel