Mari Mengenal dan Mengolah Tempe Gembus


karena tempe gembus ini memang lebih banyak dikonsumsi masyarakat Jawa. Meski begitu, tempe gembus cukup populer, kok, dengan aneka olahannya yang pasti menggugah selera.

1. Apa itu tempe gembus?

Tempe gembus merupakan tempe yang terbuat dari ampas tahu yang sudah dimasak dan didinginkan, lalu dibungkus dan difermentasi dengan menggunakan kapang/jamur/ragi tempe. Dibanding tempe biasa yang terbuat dari kacang kedelai, tempe gembus ini memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dan empuk. Permukaannya berwarna putih tertutup serabut jamur mirip dengan tempe kedelai dan bagian dalam berwarna abu muda. Karena terbuat dari ampas atau sisa pengolahan tahu, harganya pun jadi sangat murah.

Kandungan gizi dari tempe gembus ini lebih rendah jika dibandingkan dengan kandungan dari tempe biasa. Bahkan sebagian orang men-cap tempe gembus sebagai tempe rendah nutrisi. Meski begitu, khasiat tempe gembus ini tak kalah hebat, kok, dari tempe biasa. Tempe gembus punya kandungan serat yang lebih tinggi, juga sama-sama memiliki asam lemak esensial dan isoflavon. Zat gizi ini baik untuk melancarkan pencernaan, mendukung fungsi otak, dan memelihara kesehatan jantung.

2. Olahan dari tempe gembus


Dengan manfaat luar biasa di atas, anda pastinya tak ingin, dong, melewatkan tempe gembus sebagai variasi menu makanan di rumah. Tenang, tempe gembus ini punya rasa yang cenderung tawar dan ‘ringan’ sehingga akan lezat dikreasikan jadi berbagai masakan. Sebagai referensi, masyarakat Jogjakarta biasa mengolah tempe gembus dengan cara dibacem. Diolah menjadi nyomok tempe gembus dengan kuah santan dan cabe hijau juga pasti lezat. Anda juga bisa mengolahnya dengan cara ditumis, lalu dicampur bersama bahan-bahan lain seperti leunca, ikan teri, dan daun melinjo. Jika ingin tempe yang renyah, tinggal goreng tepung atau dijadikan tempe mendoan saja.

Sumber:https://resepkoki.id/mengenal-dan-mengolah-tempe-gembus/

Belum ada Komentar untuk "Mari Mengenal dan Mengolah Tempe Gembus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel