8 Tips Membuat French Fries ala Restoran

Kalau sedang benar-benar ingin menyantap french fries tapi tidak bisa ke restoran, biasanya saya membuatnya sendiri di rumah. Ternyata tidak terlalu sulit, lho. Dan untuk rasanya pun bisa diadu dengan buatan restoran.

1. Pilih kentang yang berukuran besar

French fries di restoran tidak ada yang ukurannya pendek-pendek, kan? Nah, maka dari itu, untuk membuat french fries ala restoran, sebaiknya anda menggunakan kentang yang berukuran besar. Tujuannya, supaya kentang dapat dipotong memanjang dengan cantik dan memiliki ketebalan yang pas untuk digoreng nanti.

2. Kupas dan potong kentang memanjang sama rata


Kupas kentang hingga tidak ada lagi kulit yang tersisa, lalu potong secara memanjang dengan ukuran dan tebal yang sama rata. Untuk memudahkan pemotongan, anda bisa menggunakan alat potong french fries praktis yang banyak dijual di pasaran, salah satunya adalah Perfect Fries – Natural Cut for French Fries. Dengan alat ini, anda tinggal menaruh kentang bulat-bulat, kemudian dorong jaring pemotongnya. Kentang pun akan terpotong panjang seperti french fries restoran.

Kentang yang sudah dipotong, jangan lupa untuk direndam di dalam semangkuk air dingin supaya tidak berubah warna menjadi gelap.

3. Cuci kentang hingga air cucian bening

Kentang mentah kalau disentuh terasa memiliki lapisan seperti tepung. Lapisan ini harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum kentang diolah menjadi french fries. Caranya hampir sama seperti mencuci beras. Kentang yang sudah dipotong, dimasukkan ke dalam mangkuk berisi air, lalu diaduk-aduk hingga kotoran mulai luntur ke air. Buang air cucian tersebut, kemudian ulangi pencucian kentang hingga air cucian bening.

4. Rebus kentang di dalam air mendidih selama 3 menit

Langkah selanjutnya ini mirip-mirip seperti memblansir. Kentang direbus di dalam air mendidih sebentar saja. Kira-kira sekitar 3 menit dan kemudian tiriskan. Saat merebus, anda juga bisa menambahkan bumbu seperti garam dan bawang putih yang digeprek untuk rasa dan aroma kentang.

5. Masukkan kentang ke kulkas selama 15 menit

Setelah air tiris, masukkan kentang ke dalam wadah. Usahakan jangan terlalu padat, supaya kentang tidak hancur. Kemudian, masukkan kentang ke dalam kulkas selama kurang lebih 15-20 menit untuk mendapatkan tekstur luar kentang yang padat saat nanti digoreng.

6. Taburi kentang dengan tepung maizena; bekukan di freezer selama 2 jam

Kalau sudah lewat 20 menit, keluarkan kentang dari kulkas. Taburkan 2 sdm tepung maizena ke atas potongan kentang tersebut, lalu aduk-aduk supaya tepung menyebar dengan rata. Tutup kembali wadah dan bekukan potongan kentang berbalut tepung maizena di dalam freezer selama kurang lebih 2 jam. Tepung maizena ini akan membuat french fries yang dihasilkan menjadi renyah di luar dan lembut di dalam.

7. Goreng kentang sebanyak 2 kali dengan cara deep fry

Rahasia dari kerenyahan french fries restoran adalah penggorengan yang dilakukan 2 kali. Penggorengan pertama dilakukan sampai kentang setengah matang, kira-kira sekitar 2-3 menit. Ciri-ciri kentang yang sudah setengah matang ini adalah warnanya yang kuning keemasan. Tiriskan kentang setengah matang tersebut hingga dingin, lalu goreng lagi untuk kedua kalinya. Kali ini hingga kentang benar-benar matang dan berwarna kuning kecokelatan.

Kedua langkah penggorengan french fries ini harus dilakukan secara deep fry dan dalam minyak yang panas, sekitar 170. Menggoreng dengan metode deep fry dalam minyak panas akan membuat french fries matang dengan cepat dan merata, serta memiliki kerenyahan yang sempurna.

8. Beri taburan sesuai dengan selera


Supaya french fries terasa gurih, tambahkan taburan di atas french fries sudah matang sesuai dengan selera anda. Kalau saya, biasanya cukup dengan taburan sedikit garam saja. Namun, anda bisa juga kok menaburkan bumbu bubuk rasa keju, rasa bbq, hingga bubuk oregano untuk mendapatkan citarasa ala western.

Sumber:https://resepkoki.id/8-cara-membuat-french-fries-ala-restoran/

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Membuat French Fries ala Restoran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel