Cara dan Trik Memasak Nasi Goreng Seafood yang Tidak Amis dan Gosong



Supaya bisa dinikmati setiap saat, coba saja buat sendiri. Ada kok tips-nya supaya nasi goreng seafood tidak amis dan bumbu tidak gosong.

1. Siapkan Bumbu Halus dan Seafood

Pertama, haluskan bawang putih, bawang merah, dan garam. Jika suka, tambahkan juga cabai merah agar ada sedikit rasa pedas.

Selanjutnya, bersihkan cumi dan udang. Agar bau amisnya hilang, beri perasan air jeruk nipis. Kemudian, potong cantik keduanya. sebagai contoh, iris halus secara zig-zag permukaan cumi agar berpola saat dimasak.

2. Tumis Seafood secara Terpisah

Tumis seafood terlebih dulu hingga harum dan berubah warna. Lalu, sisihkan dalam wadah. Tujuannya agar seafood, terutama cumi, tidak alot dan kenyal. Sebab, cumi harus dimasak dalam waktu kurang dari 3 menit.

3. Masak Bumbu dan Nasi

Gunakan api kecil saat menumis bumbu halus agar tidak gosong. Setelah wangi, masukan telur lalu orak arik hingga matang. Selanjutnya tambahkan nasi, kecap manis, kecap ikan, dan kaldu bubuk. Koreksi rasanya sesuai selera anda.

Selama bumbu belum merata, tetap gunakan api kecil, ya! Jika surah rata, baru gunakan api sedang agar bumbu meresap cepat. Terus aduk agar nasi tidak gosong.

4. Campurkan dengan Seafood

Campurkan seafood yang sebelumnya anda sisihkan. Aduk hingga merata. Koreksi lagi rasanya bila diperlukan. Ingat, jangan terlalu lama ya! Sebab, pemasakan yang lama buat seafood jadi alot dan kenyal.

5. Sajikan Bersama Pelengkap

Nasi goreng tanpa pelengkap tentunya terasa hambar dan pucat. Agar lebih berwarna, tambahkan acar dan kerupuk udang saat hendak disajikan. Irisan tomat dan selada juga bisa mempercantik tampilan nasi goreng seafood anda.



Sumber:https://www.resepkoki.id/cara-masak-nasi-goreng-seafood/

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Trik Memasak Nasi Goreng Seafood yang Tidak Amis dan Gosong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel