7 Macam Masakan Lezat yang Dibuat dari Sambal atau Bumbu Sisa



Selain sisa bumbu rendang, banyak sisa bumbu atau sambal lain yang bisa diolah. Sebut saja sisa sambal merah, sambal hijau, bahkan bumbu kacang. Sederhana dan mudah, namun tetap lezat menggugah selera.

1. Sisa Bumbu Rendang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sisa bumbu rendang bisa sangat bermanfaat. Cukup tumis nasi dan telur dengan sisa bumbu rendang. Beri kecap, garam, dan merica sesuai selera anda. Agar lebih sehat, tambahkan juga sayuran yang anda punya.

2. Sisa Sambal Merah

Jangan biarkan sisa sambal merah anda sia-sia! Tumis sambal tersebut bersama serai dan daun jeruk hingga wangi. Koreksi rasanya sesuai selera. Terakhir, masukkan telur rebus dan aduk hingga bumbu meresap.

3. Sisa Sambal Hijau

Jika ada sisa sambal hijau, pakai saja untuk memasak mie goreng. Caranya, mie yang sudah direbus hingga matang ditumis dengan sisa sambal tersebut. Lalu, tambahkan sedikit kecap dan aduk hingga rata. Agar bumbunya menyerap, beri air sedikit saja.  Sajikan bersama telur ceplok dan lalapan agar lebih bergizi!

4. Sisa Saus Kari

Kalau ada sisa saus kari, jangan dibuang! Jadikan saus kari sebagai cocolan roti. Bisa roti tawar, roti isi, atau roti jala. Jika ada telur, buat saja sandwich isi telur dadar dengan tambahan saus kari kental dan tomat. Bekal sarapan yang pas untuk ke kantor!

5. Spaghetti dari Sisa Sambal Tomat

Buatlah saus bolognese dari sisa sambal tomat anda! Tumis sambal tomat bersama potongan tomat dan daging. Beri sedikit air dan tepung maizena, lalu koreksi rasanya. Aduk hingga saus mengental. Sajikan saus di atas spaghetti bersama parutan keju. Mudah dan enak, ya!

6. Tumis Tempe dari Sisa Sambal Hijau

Sambal hijau memang enak dimakan dengan apa saja, termasuk tempe. Goreng potongan tempe berbentuk dadu, kemudian tumis tempe tersebut bersama sisa sambal hijau. Tambahkan sedikit kecap, saus tiram, dan garam sesuai selera anda. Gunakan api besar agar bumbu lebih meresap. Yummy!

7. Pecel Sayur dari Sisa Bumbu Kacang

Bumbu kacang sisa sate bisa berguna, lho! Haluskan kencur dan cabai merah, lalu masak bersama bumbu kacang. Beri sedikit asam jawa yang sudah dilarutkan air hangat agar lebih segar. Aduk campuran tersebut sembari koreksi rasanya. Terakhir, tuang bumbu kacang di atas sayuran rebus favorit anda.


Sumber:https://www.resepkoki.id/7-masakan-dari-sambal-atau-bumbu-sisa/

Belum ada Komentar untuk "7 Macam Masakan Lezat yang Dibuat dari Sambal atau Bumbu Sisa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel