Aneka Jenis Ikan Tawar


Ikan, salah satu sumber protein yang tinggi dan sehat ya untuk tubuh kita. Ikan sebagai bahan pangan kaya akan sumber protein, lemak, vitamin dan mineral.

Biasanya banyak yang lebih menyukai ikan laut karena memang mengandung protein tinggi. Namun sebenarnya ikan air tawar juga tinggi kandungan proteinnya lho . Selain itu ikan air tawar relatif lebih ekonomis harganya, Karena mudah di budidayakan dan selalu bisa kita dapatkan dalam keadaan fresh, di bandingkan dengan ikan air laut.

Pasti diantara kadang ada yang masih bingung ya, membedakan beberapa jenis ikan air tawar seperti Gurame, Bawal, Nila, Mujair. Berikut adalah perbedaannya :

Ikan Gurame

Ikan Gurame, Ikan adalah salah satu ikan  tawar yang populer. Ciri ikan Gurame berbentuk pipih melebar dengan ukuran sisik yang besar dan rapat. Tekstur daging ikan gurame padat dan kesat tapi lembut, jadi cocok untuk di olah jadi ikan bakar, ikan goreng tepung atau di goreng. Ikan gurame juga berduri besar, cocok di adikan aneka olahan menu fillet dan di olah dagingnya dengan cara di goreng di balut tepung terlebih dahulu. Ikan Gurame berbentuk pipih, dan biasanya bisa tumbuh besar hingga beberapa kilogram. Jika ingin membuat gurame bakar, pilih yang berukuran sedang ya , agar lebih cepat matang dan meresap bumbunya. Jika ingin di buat ikan fillet, pilih gurame dengan ukuran besar yang berdaging banyak dan tebal.

Ikan Bawal

Ikan bawal, selain ikan bawal laut, ada juga ikan bawal air tawar. Ikan bawal air tawar, bentuknya pipih bulat, warna keperakan, memiliki lubang hidung besar, warna ujung sirip merah atau kuning. Ikan ini  cukup populer di olah menjadi aneka hidangan ikan bakar, ikan goreng, serta olahan ikan lain, seperti acar kuning, dll. Pilih ikan yang badannya masih kenyal jika di tekan dan warna insangnya kemerahan ya .

Nila Merah

Ikan nila merah, adalah ikan yang selalu tersedia di penjual ikan dalam kondisi segar, karena ikan ini salah satu jenis ikan air tawar yang mudah di budidayakan. Tekstur daging ikan nila lembut dan gurih. Nah, jangan terkecoh ya , ikan nila ini mirip dengan ikan kakap laut penampilannya, tapi jika kita amati dengan seksama, keduanya berbeda. Warna ikan nila lebih terang dari ikan kakap, bentuknya juga berbeda. Ikan kakap laut, biasanya berukuran lebih besar dari ikan nila merah. Selain warna merah, ada juga ikan nila hitam, yang bentuknya mirip ikan mujair. Ikan nila cocok di olah menjadi ikan nila goreng, bakar, pepes, gulai, dll.

Ikan Nila Hitam & Mujair

Ikan Nila Hitam, badannya pipih dengan warna abu-abu, atau hitam. Ikan ini bentuknya hampir sama dengan ikan mujair yang masih memiliki garis kekerabatan.

Terkadang susah membedakan ikan mujair dan ikan nila ya. Perbedaan dasarnya dari ukuran tubuh, ikan nila lebih besar dari ikan mujair. Kulit ikan mujair lebih gelap, dan terdapat bercak hitam tidak beraturan di sisi tubuhnya. Mulut ikan mujair lebih besar secara proporsional tubuh di banding mulut ikan nila yang lebih kecil. Pipi ikan mujair, biasanya bertotol, sedang ikan nila cenderung mempunyai pipi lebih bersih.

Ikan mujair cocok untuk di jadikan olahan ikan goreng yang di goreng hingga kering. Bersihkan jerohan ikan mujair dengan teliti agar ada rasa pahit yang tertinggal ketika kita mengolahnya.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/aneka-jenis-ikan-tawar.html

Belum ada Komentar untuk "Aneka Jenis Ikan Tawar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel