Bedanya Jeruk Nipis, Limau dan Lemon


Soal rasa, semua jeruk memang identik dengan rasa asam ini. Sebut saja, jeruk nipis, limau dan lemon. Namun begitu, jeruk-jeruk tersebut ternyata memiliki perbedaan yang lain lho, selain ukuran dan warna kulitnya tentunya. Apa saja itu? Langsung simak yuk!

Jeruk Nipis

Mudah ditemukan sebagai pendamping soto agar lebih segar saat disantap. Jeruk nipis memiliki kulit berwarna hijau, namun ada juga yang ditemukan berwarna hijau kekuningan dengan tekstur yang halus. Bulirnya berwarna kuning kehijauan dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Jeruk nipis berbentuk bulat dan memiliki rasa yang asam dominan, sedikit pahit dan mengandung sensasi dingin. Jeruk ini sering digunakan untuk penyedap masakan, obat-obatan tradisional hingga bermanfaat untuk membuat tekstur daging lebih empuk.

Jeruk Limau

Memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada jeruk nipis maupun jeruk lemon, jeruk limau mempunyai kulit berwarna hijau tua. Tekstur kulit buahnya tidak mulus, tetapi cenderung agak kasar. Bulir jeruk limau cukup kecil dan berwarna hijau muda. Dalam setiap bulirnya, terdapat biji yang lumayan banyak. Jika dibandingkan dengan jeruk nipis, rasa asam jeruk limau lebih kuat. Meski begitu sangat menyegarkan saat dicampur dengan ulekan sambal. Selain itu, jeruk limau juga sering dimanfaatkan sebagai penyedap masakan sampai herbal yang bisa membantu mencerahkan kulit.

Jeruk Lemon

Jika dibandingkan dengan jeruk nipis dan jeruk limau, popularitas jeruk lemon tidak kalah saing. Jeruk lemon sering digunakan sebagai minuman karena perpaduan rasanya yang asam, sedikit manis dan menyegarkan. Kulit jeruk lemon berwarna kuning cerah dengan tekstur kulit yang lembut. Bentuk buahnya lonjong dan bagian ujungnya meruncing. Bulirnya berwarna kuning muda dan mengandung air yang cukup banyak. Selain sebagai minuman, pemanfaatan buah lemon juga banyak ditemukan sebagai campuran salad, daging ayam, kue hingga hiasan untuk mempercantik sebuah sajian.


Sudah tahu kan perbedaan masing-masing dari jeruk nipis, limau dan lemon? Supaya rasa sajian yang dibuat kian sempurna, manfaatkan jeruk-jeruk tersebut sesuai fungsinya ya

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/ini-lho-bedanya-jeruk-nipis-limau-dan-lemon.html

Belum ada Komentar untuk "Bedanya Jeruk Nipis, Limau dan Lemon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel