Beberapa Daerah di Indonesia Memiliki Jenis Sate Tersendiri


Namun, tahukah Anda bahwa beberapa daerah di Indonesia memiliki resep sate khusus yang membedakannya dari daerah lain? Ingin tahu apa saja? Yuk simak penjelasannya satu-persatu!

Sate Madura

Tampaknya, Sate Madura merupakan jenis sate yang paling sering Anda temui. Sate ini dibuat dengan menggunakan daging ayam ataupun kambing. Bumbu yang digunakan dalam membuat Sate Madura ini adalah bumbu gula jawa dan kecap manis dari Kecap Sate. Selain itu, ditambahkan pula campuran bawang putih, kacang tanah goreng yang sudah di haluskan, kemiri, petis, garam dan bawang goreng.

Sate Ponorogo

Sate Ponorogo dibuat dari daging ayam yang direndam dalam bumbu kecap dari Kecap Sate. Sate Ponorogo ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan sambal yang kemudian ditambahkan irisan bawang merah dan cabe rawit dan jeruk nipis. Uniknya irisan yang digunakan pada ayamnya adalah irisan memanjang.

Sate Tegal

Sate ini berbahan dasar daging kambing yang umurnya masih muda (sekitar 5 bulan), maka dari itu sering disebut sate “balibul” atau “baru lima bulan”. Untuk membuatnya, rendam terlebih dahulu dengan bumbu kacang dan parutan nanas agar tekstur sate menjadi semakin empuk. Sementara itu, sajikan sate dengan bumbu kecap dari Kecap Sate serta olesan margarin agar rasanya menjadi lebih lezat.

Sate Kelinci

Sate ini biasa ditemukan di daerah-daerah dataran tinggi di Pulau Jawa. Umumnya Sate Kelinci disajikan dengan paduan saus kacang, irisan bawang merah dan tambahan kecap manis dari Kecap Sate.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2017/11/ternyata-beberapa-daerah-di-indonesia-memiliki-jenis-sate-tersendiri-loh

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Daerah di Indonesia Memiliki Jenis Sate Tersendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel