Cara Memilih Udang Yang Masih Segar


Nggak perlu diragukan lagi kalau udang menjadi salah satu seafood yang paling banyak digemari.

Selain kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, udang juga mempunyai rasa yang gurih dan manis, serta tekstur daging yang sangat lembut. Tapi jangan salah,udang bukan bahan makanan yang bisa bertahan lama lho, . Udang sangat mudah rusak seperti jenis ikan dan seafood pada umumnya.

Jika ingin udang terasa lezat dan fresh ketika dimasak, kuncinya ada pada kesegaran dari udang itu sendiri. Memilih udang yang segar sebenarnya sangat mudah, kadang udang yang kelihatannya masih bagus belum tentu segar dan fresh. Banyak juga yang menggunakan bahan pengawet atau kimia agar udang tetap terlihat segar, untuk menghindarinya harus benar-benar memahami cara memilih udang yang baik.

1. Cium Aroma Udang




Jika udang mengeluarkan aroma yang tidak enak seperti bau amis dan keasaman tandanya udang sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Udang yang masih segar, selayaknya aroma ikan yaitu berbau amis tapi tidak menyengat. Udang yang masih segar juga akan terlihat mengkilat dan tidak berlendir dibagian kulitnya. Jika mendapati udang yang berlendir dan berbau tidak enak, sudah bisa dipastikan kalau udang tersebut memang tidak segar.

2. Perhatikan Warna dan Tekstur Udang





Udang yang masih segar akan berwarna abu-abu cerah dan bening. Jika warnanya sudah berubah menjadi kemerahan atau malah membiru, itu tandanya tidak segar lagi. Selain dari warnanya, Udang segar juga bisa dikenali dari teksturnya yang kokoh dan utuh. Jangan pilih udang yang bertekstur lembek ya , apalagi kalau bentuknya sudah tidak utuh lagi. Ciri-ciri udang yang utuh adalah kepala masih menyambung dengan bagian badannya. Selain itu, isi kepala udang juga belum pecah dan ditekan masih terasa kenyal dan keras. Kalau sering membeli udang yang beku, ada baiknya jika proses “thawing” ( pencairan ) dilakukan perlahan-lahan dengan mendiamkannya dalam lemari dingin bersuhu 5 – 10 ° C. Dengan cara ini akan membuat tekstur daging udang tidak menjadi rusak dan juga tetap kenyal.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/cara-memilih-udang-yang-masih-segar

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Udang Yang Masih Segar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel