Tips Merawat Talenan Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur


Talenan memegang peranan yang cukup penting saat memasak. Tidak hanya untuk mengiris atau memotong bahan memasak, talenan juga bisa melindungi bahan masakan dari kotoran sehingga lebih higienis pada saat sedang menyiapkan bahan-bahan. Memilih jenis talenan tentu berpengaruh pada bahan yang akan dimasak, walaupun sangat dianjurkan untuk memiliki talenan dengan bahan dasar kayu karena ketebalan dan ketahanannya lebih kuat. Selain itu, memakai talenan berbahan dasar plastik juga tidak baik  karena bisa membuat plastik terkelupas dan masuk ke dalam masakan.

Tapi, talenan kayu yang sudah dipakai harus dirawat dengan benar, karena kayu sifatnya bukan seperti plastik yang lebih mudah kering. Setelah mencuci talenan kayu, harus langsung dikeringkan ya , agar tidak tumbuh jamur dan berbahaya pada bahan masakan yang akan diolah. Supaya talenan kayu yang punya bisa tetap bersih dan tidak berjamur, yuk simak cara untuk merawatnya!

1. Olesi dengan minyak goreng




Agar talenan kayu  lebih bersih dan higienis untuk bahan masakan yang nantinya akan diolah, sebelum dipakai sebaiknya bersihkan talenan kayu dengan cara diolesi minyak zaitun. Oleskan secara merata sambil sedikit digosok supaya kotorannya terangkat, setelah itu tutup dengan serbet atau kain bersih, bisa juga ditutup dengan alumunium foil. Diamkan talenan yang telah dioles dengan minyak selama 10-12 jam, lalu cuci bersih talenan tersebut di air yang mengalir dan keringkan sampai benar-benar kering. Untuk merawatnya agar selalu bersih dan tidak terlihat kusam, juga bisa mengolesnya dengan minyak zaitun sehabis talenan digunakan.

2. Bersihkan dengan Jeruk Nipis




Nah, jika talenan kayu milik terlanjur kotor dan berbau tidak sedap, bisa mengatasinya dengan jeruk nipis atau lemon ! Caranya, taburi sedikit garam di atas talenan, kemudian gosok talenan dengan garam tersebut menggunakan irisan jeruk nipis atau lemon sampai kotoran dan noda-noda di talenan terangkat seluruhnya. Air perasan jeruk nipis atau lemon juga bisa digunakan, caranya oles talenan dengan air perasan jeruk nipis maupun lemon, diamkan selama satu malam, lalu bilas sampai bersih dan kering keesokan harinya.


3. Rendam Talenan dengan air cuka
  

Air yang dicampurkan dengan cuka juga bisa membersihkan talenan, . Rendam talenan kayu selama beberapa menit di dalam air yang dicampurkan dengan cuka, lalu bilas hingga bersih dan kering. Selain mengangkat kotoran yang tidak terlihat, cuka juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap pada talenan, sehingga saat digunakan aroma bahan masakan jadi gak tercampur dengan bau-bau yang gak enak dari talenan.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/tips-merawat-talenan-kayu-agar-tidak-mudah-berjamur

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Talenan Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel