Tips membersihkan Kulkas Agar Terhindar Dari Bau Tidak Sedap

Kulkas atau lemari pendingin wajib banget untuk dibersihkan secara rutin .

Selain dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, di dalam kulkas yang kotor juga bisa terdapat banyak kuman yang membuat makanan jadi tidak higienis lagi.Terkadang membersihkan kulkas memang membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi sebenarnya ada cara yang efektif dan efisien untuk membersihkan kulkas lho.  Bisa menghemat banyak waktu dan tidak terlalu merepotkan juga, . Nih, simak ya caranya!

1. Pastikan stop kontak kulkas sudah tercabut




Supaya tidak tersengat listrik ketika dibersihkan, matikan dulu kulkasnya. Selain supaya aman, bau yang tersisa di dalamnya juga tidak akan tersebar ke seluruh bagian kulkas karena tidak ada sirkulasi udara dingin di dalamnya.

2. Pisahkan makanan yang masih layak konsumsi




Seringkali bahan makanan yang terlalu lama disimpan di kulkas akan membusuk, mengeluarkan bau tidak sedap, dan bisa merusak bahan makanan lainnya. harus segera pisahkan bahan makanan yang masih layak konsumsi dan buang sisanya yang sudah atau akan busuk.

3. Keluarkan semua rak dan laci kulkas




Supaya setiap bagian kulkas bisa bersih, harus melepas semua bagian rak dan laci kulkas yang bisa dilepas. Kemudian, cuci hingga bersih dengan menggunakan spons yang sudah dibasahi dengan sabun cuci piring dan campuran perasan buah lemon.

4. Keringkan rak dan laci yang sudah dicuci sebelum dipasang




Kulkas yang basah akan melembabkan isi ruangannya, sehingga muncul bau tidak sedap. Jadi, harus pastikan semua benda di dalam kulkas sudah kering, termasuk rak dan laci yang baru dicuci.

5. Bersihkan isi kulkas dengan baking soda




Sambil menunggu rak dan laci kulkas mengering, bisa membersihkan bagian dalam kulkas dengan menggunakan spons basah yang dicampur baking soda. Caranya mudah kok, ambil dua sendok makan baking soda lalu beri air hangat secukupnya, aduk hingga rata agar tidak menggumpal. Tuangkan ke spons yang sudah dibasahi kemudian gosok bagian bagian terpencil di dalam kulkas, maka dijamin noda dan kotoran di dalam kulkas langsung hilang. Jika kotoran susah dijangkau, bisa menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.


Supaya kulkas tetap terjaga kebersihannya, ada baiknya untuk membersihkan secara rutin  minimal 2 bulan sekali. Jika terdapat noda harus segera dibersihkan ya , jangan sampai mengeras karena nantinya malah susah untuk dihilangkan. Untuk menghilangkan masalah bau kulkas, bisa menaruh air perasan jeruk lemon di wadah kecil dan taruh di setiap pojokan rak kulkas, ganti air perasan lemon seminggu sekali sambil mengecek makanan yang ada di dalam kulkas. Selain air perasan lemon, bisa juga menggunakan bubuk kopi.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/tips-membersihkan-kulkas-agar-terhindar-dari-bau-tidak-sedap

Belum ada Komentar untuk "Tips membersihkan Kulkas Agar Terhindar Dari Bau Tidak Sedap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel