Tips Membersihkan Cobek Batu


Cobek seringkali digunakan untuk menyiapkan bumbu masakan tradisional. Beberapa bumbu masakan yang dihaluskan dengan cobek terasa lebih nikmat dibandingkan menghaluskan bumbu menggunakan mesin. Cobek biasanya terbuat dari batu atau kayu, tapi kebanyakan orang memilih cobek batu karena lebih kuat dan tahan lama. Sebenarnya tidak perlu perawatan khusus untuk cobek batu ini, namun membersihkan cobek batu dengan asal-asalan bisa jadi membahayakan kesehatan keluarga , maka dari itu perlu mengerti cara membersihkan cobek yang benar agar cobek tetap higienis.

1. Pastikan mencuci cobek




Setelah selesai dipakai, sebaiknya segera cuci bersih cobek batu menggunakan air hangat. Gunakan sikat kasar atau kawat pencuci piring agar sisa-sisa kotoran yang tertinggal di dalam pori-pori cobek bisa terangkat seluruhnya. Setelah itu bersihkan menggunakan sabun pencuci piring dan gosok-gosok lagi hingga bersih. 

2. Bersihkan dengan beras




Jika merasa kotoran yang tersisa di cobek tidak terangkat, bisa menggunakan beras untuk membersihkannya. Tuangkan sekitar dua sendok makan beras putih ke dalam cobek. Ulek hingga beras berubah warna menjadi gelap. Buang beras dan ulangi lagi proses yang sama hingga beras benar-benar putih, yang menandakan bahwa cobek sudah benar-benar bersih. Setelah itu bilas dengan air hangat dan pastikan kalau cobek benar-benar sudah kering sebelum disimpan.

3. Simpan di tempat kering





Tempat penyimpanan cobek akan mempengaruhi kondisi cobek. Cobek batu akan lebih tahan jamur jika disimpan di tempat kering dan tidak lembab. bisa mengeringkannya dibawah sinar matahari atau lap menggunakan kain bersih. Jika cobek dalam keadaan lembab maka akan mudah jamuran yang jelas-jelas berbahaya untuk kesehatan.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/tips-membersihkan-cobek-batu

Belum ada Komentar untuk "Tips Membersihkan Cobek Batu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel