Ini Dasar-Dasar Keselamatan Di Dapur Yang Harus Diperhatikan



Berapa lama Penyuka Masak melakukan kegiatan di dapur dalam sehari? Kegiatan apa saja yang Penyuka Masak lakukan selama di dapur? Tentu saja bagi para wanita terutama yang sudah berkeluarga, dapur merupakan ruangan kerja yang penting untuk menciptakan masakan yang enak untuk keluarga. Tapi tahukah Penyuka Masak? Dapur merupakan salah satu tempat paling berbahaya yang ada di dalam rumah. Maka dari itu, kita harus paham dasar-dasar keamanan di dapur dan selalu mengutamakannya agar tidak melukai diri sendiri maupun keluarga tercinta.
   
1.         Dekorasi Dan Interior Dapur Yang Aman

 Bagi Penyuka Masak yang akan membuat dapur baru atau sekedar merenovasinya, ketahui dahulu seperti apa dekorasi dan interior dapur yang aman. Perhatikan beberapa point berikut ini:

 -  Buatlah lantai disekitar dapur sama rata jangan sampai ada yang lebih tinggi atau memiliki bagian yang miring. Hal ini untuk mecegah terpleset atau tersandung saat berjalan di dapur. 
-  Buatlah fentilasi, jendela, atau exhaust fan yang berguna untuk mengeluarkan udara panas dalam dapur. 
-  Jauhkan sumber listrik seperti stop kontak dari sumber air dan api. Bila Penyuka Masak memiliki meja dapur, letakkan stop kontak minimal 30 cm diatas meja tersebut. 
-  Pilihlan interior dapur dengan kualitas baik, terutama yang jika terbuat dari kayu. Jangan pilih yang tidak tahan basah atau cepat kropos. 
-  Buat kompor gas dan wastafel/sumber air dengan jarak yang berdekatan. Hal ini untuk mempermudah jika terjadi kecelakaan akibat api. 
-  Siapkan pemadam api kecil di sekitar dapur yang mudah dijangkau ketika keadaan darurat.
  
2.       Penempatan Peralatan Memasak
  
Setelah memiliki dekorasi dapur yang aman, kini Penyuka Masak juga harus tahu penempatan peralatan yang aman dan efisien agar masak jadi mudah serta aman.

-  Letakkan pisau di rak khusus, jangan dicampur dengan alat lain. 
-  Jangan letakkan benda tajam, panci / wajan panas, pecah bela, dan benda bahaya lainnya di pinggir meja dapur yang bisa dicapai oleh anak-anak. Simpan dalam laci yang tidak mudah dibuka oleh anak. 
-  Penempatan tabung gas harus di tempat yang terbuka dan cukup sirkulasi udara. 
-  Ketika memasak, posisikan gagang panci atau wajan ke arah dalam kompor agar tidak bisa dijangkau anak-anak.

  
3.         Keamanan Saat Memasak
   
Sekarang kita masuk ke bagian yang paling pentig yaitu keamanan yang perlu kita perhatikan ketika memasak atau melakukan kegiatan di dapur agar tidak terjadi kecelakan atau makanan terkontaminasi racun. 

 -  Sebelum mulai memasak pastikan semua sudut dapur, perlatan masak, dan bahan makanan dalam keadaan bersih. 
-  Jangan izinkan anak atau hewan peliharaan memasuki dapur ketika Penyuka Masak memasak. 
-  Selalu siapkan keset atau lap di lantai agar ketika lantai basah bisa langsung dikeringkan sehingga tidak terpleset.
-  Ketika kompor menyala, jangan sampai ditinggal tanpa pengawasan. Jika terjadi kebakaran kecil segera padamkan dengan pemadam api ringan yang telah disediakan atau basahi kain tebal lalu tutup sumber api perlahan. Jangan sesekali melemparkan air secara langsung karena justru akan memperbesar api.
-  Ketika menggunakan pisau, alasi dengan permukaan yang datar dan tidak licin. Bila pisau terjatuh secara tidak sengaja jangan reflek untuk menangkap pisau. Mundur dan biarkan terjatuh. Serta, cuci pisau secara terpisah.
-  Ketika kulit terkena panci panas atau terciprat cairan panas, segera dinginkan dengan cara letakkan tangan dibawah air keran yang mengalir selama 10 menit.
 -  Simpan sayuran, buah, daging sapi, unggas, dan ikan di tempat yang berbeda-beda agar tidak saling terkontaminasi. 
-  Ganti dan cuci serbet setiap hari dan pastikan dapur besih kembali selesai memasak.  


Tips-Tips tersebut bisa Penyuka Masak terapkan secara perlahan di rumah agar memasak aman, nyaman, dan tentunya hasil masakannya pun juga memuaskan.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2015/12/penting-ini-dasar-dasar-keselamatan-di-dapur-yang-harus-diperhatikan

Belum ada Komentar untuk "Ini Dasar-Dasar Keselamatan Di Dapur Yang Harus Diperhatikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel