Jenis Bumbu Dapur dan Manfaatnya Untuk Masakan


Banyaknya jenis bumbu dapur tentunya memiliki karakter dan peranan yang berbeda-beda juga untuk masakan yang akan dibuat, kalau masih suka bingung dan suka tertukar dengan nama-nama nya, yuk simak penjelasannya

1. Merica atau lada




Merica dan lada itu dua hal yang sama kok , hanya saja penyebutan yang berbeda. Umumnya merica punya rasa yang pedas dan sedikit pahit. Merica yang masih bulat diolah dengan cara ditumbuk dan banyak dijadikan bumbu menu masakan sehari-hari seperti sayur sop, bumbu ayam goreng dan masih banyak lagi. Merica juga tersedia dalam bentuk bubuk yang biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan seperti saat memakan mie ataupun soto.

2. Ketumbar




Kalau bumbu dapur yang satu ini mempunyai bentuk bulat dan berukuran sangat kecil, biasanya diolah dengan cara ditumbuk sampai halus. Aromanya yang khas dari ketumbar tentunya menambah kelezatan pada masakan yang buat, macam-macam olahan yang menggunakan ketumbar sebagai bumbunya seperti dendeng, tempe bacem dan bumbu ungkep ayam goreng.

3. Serai




Batang tanaman ini jadi bumbu andalan yang selalu dipakai dalam masakan tradisional. Serai tidak memiliki rasa yang khas, tapi ia mempunyai aroma yang mampu membuat masakan menjadi harum. Serai diolah dengan cara dimemarkan lalu bagian ujung batangnya diikat agar tidak terlalu panjang, bisa juga diiris dengan halus. Serai berwarna hijau dan daging dalamnya berwarna putih, masakan yang menggunakan serai sebagai bumbunya ialah sambal matah, tom yum dan sate lilit.

4. Lengkuas




Terkadang susah membedakan antara lengkuas dan jahe. Kalau dilihat dari bentuknya lengkuas memang sangat menyerupai jahe karena sama-sama berakar dan bentuknya berantakan, tapi yang membedakan ialah teksturnya. Lengkuas memiliki tekstur yang kasar dengan serat yang banyak. Selain itu, aroma khasnya bisa membuat masakan menjadi sedap. Olahan yang memakai lengkuas sebagai bumbunya seperti sayur asam dan aneka tumisan. Lengkuas diolah dengan cara dipotong dan dimemarkan.

5. Jahe





Bumbu dapur yang satu ini terkenal mempunyai rasa pedas dan hangat. Tapi berbeda dari pedasnya cabai, rasa pedasnya bisa menghangatkan tubuh sehingga jahe juga sering dibuat menjadi minuman dan obat-obatan. Jahe juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan bau amis, gak jarang jahe digunakan sebagai bumbu olahan saat memasak ikan sarden dan cumi. Jahe biasanya diolah dengan cara dipotong kecil atau diparut halus tergantung selera dan kebutuhan.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/kenali-jenis-bumbu-dapur-dan-manfaatnya-untuk-masakan

Belum ada Komentar untuk "Jenis Bumbu Dapur dan Manfaatnya Untuk Masakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel